DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 20:25 WIB

Terkendala Cuaca, Pencarian 2 Korban Longsor Dilanjutkan Besok

Pradito Rida Pertana - detikNews
Terkendala Cuaca, Pencarian 2 Korban Longsor Dilanjutkan Besok Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan untuk menemukan dua korban tanah longsor dilanjutkan besok, Rabu (20/3/2019). Hal itu dikarenakan hujan yang mengguyur Imogiri, Bantul.

"Sampai lewat batas maghrib tadi kami belum menemukan dua orang yang terindikasi tertimbun (longsoran) di (dusun) Kedung Buweng," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto saat ditemui di kompleks makam raja-raja Mataram, Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Bantul, Selasa (19/3/2019) malam.

"Apalagi sekarang hujan, kita nggak mau ambil risiko juga kan. Insya Allah besok pagi (Rabu 20/3/2019) kita cari sampai diketemukan dua korban itu," imbuh Dwi.

Dwi mengatakan apabila besok kedua korban yang tertimbun longsoran belum diketemukan, maka BPBD Kabupaten Bantul akan memperpanjang proses pencarian.

"Minimal kan 3 hari dan maksimal maksimal 5 hari. Tapi semoga sebelum 5 hari kedua korban sudah bisa ditemukan," katanya.

Dwi menambahkan, untuk proses pencarian hari ketiga tim SAR gabungan tetap fokus pada penggalian di lokasi yang terindikasi terdapat dua korban yakni Rufi Kusuma Putri (9) dan Eko Supatmi (45). Namun, apabila posisi korban sudah tampak maka penggunaan alat berat dihentikan.

"Kalau sudah ada tanda-tanda letak posisi pasti akan kita kurangi (penggalian menggunakan) alat berat dan beralih dengan metode semprot air secara perlahan-lahan agar tidak merusak jasad," pungkasnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed