DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 11:41 WIB

Buya Syafii Beri Pesan Khusus untuk Politisi Jelang Pemilu

Usman Hadi - detikNews
Buya Syafii Beri Pesan Khusus untuk Politisi Jelang Pemilu Buya Syafii Maarif di Grha Suara Muhammadiyah, Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Pelaksanaan pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Buya Syafii Maarif, meminta para politikus untuk siap menerima apapun hasil pemilu nanti.

"Imbauan saya satu saja (kepada para politikus), naik kelas jadi negarawan. Itu saja," ujar Buya Syafii.

Hal ini disampaikan Buya saat berbincang dengan detikcom di Grha Suara Muhammadiyah Jalan KH Ahmad Dahlan No 107 Kota Yogyakarta, Selasa (19/3/2019).

"Jadi (politikus harus) siap menang, siap kalah. Seharusnya itu," tuturnya.


"Ini tampaknya kan (politikus) tidak (siap kalah). Menang siap, tapi kalah nggak siap. Yang benar itu kedua-duanya siap, gitu. Demokrasi mendidik kita menjadi orang sabar," ungkap Buya Syafii.

Adapun situasi politik yang mulai memanas jelang pemilu, dinilai Buya Syafii sebagai fenomena biasa. Hanya saja dia meminta para politikus untuk tak saling hujat satu dengan yang lainnya.

"Biasa itu (situasi politik memanas jelang pemilu) biasa. Asal jangan gontok-gontokan saja lah, biasa itu," tutur Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini.


Meski demikian, Buya Syafii meminta agar para politikus tetap mengedepankan moral dalam berebut suara. Bukan justru berbagai macam cara dilakukan untuk meraih ambisinya.

"Orang kan (politikus) berebut kekuasaan, memang ganas kekuasaan itu. Tapi sesungguhnya kekuasaan yang dipimpin, ada acuan moralnya, tidak akan begitu ya," pungkas Buya Syafii.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed