detikNews
Senin 18 Maret 2019, 19:45 WIB

Banjir dan Longsor Bantul, 3 Tewas dan 2 Dalam Pencarian

Pradito - detikNews
Banjir dan Longsor Bantul, 3 Tewas dan 2 Dalam Pencarian Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Korban bencana banjir dan tanah longsor di Bantul yang sebelumnya berjumlah 2 orang bertambah menjadi 3 orang. Satu korban lagi bernama Sukiyat (56), warga Dusun Nogosari II, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, Sukiyat sendiri baru ditemukan tadi siang di Dusun Nogosari II, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri. Dwi menjelaskan, Sukiyat ditemukan tadi siang dalam kondisi meninggal.

"Yang meninggal ada satu lagi di Dusun Nogosari II, Desa Selopamioro karena hanyut, namanya pak Sukiyat. Sehingga korban meninggal ada 3 orang ditambah dua yang tadi malam," ujarnya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Senin (18/3/2019) malam.

"Selain itu ada 2 orang korban lagi yang masih hilang tertimbun tanah longsor di Imogiri," imbuhnya

Dwi menjelaskan, Sukiyat sendiri hanyut karena memisahkan diri saat luapan air menerjang Dusun Nogosari II. Terlebih, posisi Sukiyat saat itu berada di pinggir pos ronda.

"Jadi saat kejadian dia (Sukiyat) di pos ronda menyelamatkan diri, tapi malah terbawa arus luapan air Sungai Oya dan hanyut. Lalu ditemukan tadi siang di sekitar lokasi dengan posisi meninggal," ucapnya.

Dwi menambahkan, bahwa dua korbam tewas lainnya bernama Painem (70), warga Dusun Numpukan, Desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri, Bantul dan Sudiatmojo (80), warga Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Bantul melakukan evakuasi di lokasi tanah longsor, Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul. 2 orang dikabarkan masih tertimbun longsoran, sedangkan 4 orang selamat serta 1 orang lagi meninggal.

Ketua RT.02 Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Ismoyo Haryanto mengatakan ada 2 rumah yang terkena tanah longsor. Di mana jumlah penghuni kedua rumah tersebut total berjumlah 7 orang.

"Korban ada 7 dan yang selamat 4, 1 orang ditemukan tadi malam dengan kondisi meninggal dan 2 orang lagi masih tertimbun," katanya saat ditemui di lokasi longsoran, Senin (18/3/2019).

Ismoyo menambahkan, untuk korban meninggal atas nama Sudiatmojo (80), sedangkan untuk korban yang masih tertimbu longsoran masing-masing bernama Eko Supatmi (45) dan Rufi Kusuma Putri (9).

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, BPBD bersama pihak terkait telah melakukan proses evakuasi sejak tadi malam. Sedangkan untuk hari ini pencarian memfokuskan kepada dua korban yang masih tertimbun longsoran.

"Belum ketemu, ini kita masih berupaya untuk berhasil menemukan dua korban yang tertimbun," ujarnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed