DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 19:08 WIB

Tanah Labil dan Gelap, Pencarian Korban Longsor Bantul Dilanjutkan Besok

Pradito Rida Pertana - detikNews
Tanah Labil dan Gelap, Pencarian Korban Longsor Bantul Dilanjutkan Besok Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Pencarian dua korban tanah longsor di Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul dihentikan sementara malam ini. Hal itu karena tanah di lokasi kejadian masih labil.

"Karena situasi dan kondisi lokasi tidak memungkinkan dilanjutkan malam ini, kita memutuskan bersama-sama dengan pihak terkait untuk menghentikan operasi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto saat dihubungi detikcom, Senin (18/3/2019).

"Tadi (pencarian dua yang tertimbun tanah longsor) selesai sekitar jam 6 malam dan kami lanjutkan besok pagi sekitar jam 8," imbuh Dwi.


Lanjut Dwi, situasi dan kondisi lokasi tanah longsor dianggap tidak memungkinkan karena tim pencarian terkendala kondisi tanah yang belum stabil. Padahal, menurut Dwi, tim pencarian telah memastikan posisi kedua korban yang masih tertimbun material longsoran.

"Sebetulnya kalau posisi kedua korban sudah bisa dipastikan, tidak jauh dari rumah korban yang terpendam. Tapi kondisi tanah diatasnya (lokasi tanah longsor) masih labil karena ada aliran air yang liar, itu yang membuat kondisi tanah belum stabil," ucapnya.


Dwi menambahkan, bahwa pencarian besok akan mengefektifkan alat berat yang digunakan untuk proses evakuasi. Hal itu dilakukan agar proses pencarian berlangsung efektif.

"Besok akan dibagi per zona untuk alat beratnya biar efektif dan efisien menyesuaikan medan di lapangan. Selain itu, untuk pencarian kita lakukan tiga hari, kalau masih belum ketemu dan keluarga ingin tetap dicari akan kami bantu cari," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed