DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 15:31 WIB

Bangunan Makam Raja-raja di Imogiri Bantul Ambrol

Pradito Rida Pertana - detikNews
Bangunan Makam Raja-raja di Imogiri Bantul Ambrol Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Hujan deras di Bantul sejak kemarin menyebabkan tanah longsor di sejumlah titik Kabupaten Bantul. Bahkan, bangunan di kompleks makam raja-raja Mataram, Imogiri, Bantul turut mengalami longsor.

Pantauan detikcom di lokasi tanah longsor pukul 14.00 WIB, tampak bangunan sisi timur di kompleks makam raja-raja Mataram Imogiri di bagian Kasultanan longsor. Longsoran tersebut memiliki kedalaman sekitar 100 meter dan material longsoran ternyata menimpa dua rumah di Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul.

Tak hanya itu, longsoran di bangunan tersebut membuat akses menuju makam Sri Sultan HB IX terputus. Lebar longsoran mencapai sekitar 50 meter. Saat ini banyak warga sekitar yang berkerumun di sekitar lokasi tanah longsor, Pajimatan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.
Bangunan Makam Kasultanan di Imogiri Bantul AmbrolFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Selain itu, dinding bangunan yang longsor terbuat dari batako dan di dalamnya tidak dicor semen. Kemungkinan tembok tersebut tidak kuat menahan tanah yang longsor akibat terkena terjangan hujan deras.

Salah satu abdi dalem dan penjaga makam Sri Sultan HB IX, Joko Nugroho menyebut, bahwa bangunan yang runtuh merupakan bangunan calon makam Sri Sultan HB X. Menurutnya, bangunan tersebut ambrol karena pondasi bangunan retak dan tergerus karena diterjang air hujan.

"Yang jebol itu pondasi pada bangunan calon makam Sri Sultan HB X, memang bangunannya baru dibandingkan dengan makam Sri Sultan HB IX," ujarnya kepada wartawan, Senin (18/3/2019).
Bangunan Makam Kasultanan di Imogiri Bantul AmbrolFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Kemungkinan karena pondasi tidak kuat menahan air, apalagi ada retakan akibat gempa bumi tahun 2006," ujarnya kepada wartawan, Senin (18/3/2019).

Joko menjelaskan untuk kedalaman longsoran diperkirakan lebih dari 100 meter. Mengingat kedalaman pondasi makam Sri Sultan HB IX sekitar 300 meter.

"Kalau dilihat dari pondasi yang jebol di makam Sri Sultan HB IX memang lebih dari 300 meter, tapi pondasi bangunan untuk calon makam HB X kurang dari 300 meter," ucapnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed