DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 13:48 WIB

Tanggul Sungai Jebol di Kulon Progo Hari Ini Diperbaiki

Ristu Hanafi - detikNews
Tanggul Sungai Jebol di Kulon Progo Hari Ini Diperbaiki Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Kulon Progo - Tanggul Sungai Serang yang memicu banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Kulon Progo hari ini mulai diperbaiki. Pemkab berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO).

"Hasil rapat pagi tadi, penanganan tanggul jebol oleh BBWSO mulai hari ini, perbaikan tanggul permanen," kata Sekda Kulon Progo, Astungkoro ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/3/2019).

"Sekitar jam 03.00 air di permukiman warga sudah mulai surut, mudah-mudahan hari ini tidak hujan lebat untuk penanganan," jelasnya.

Laporan sementara, dampak tanggul Sungai Serang yang jebol akibat tidak mampu menahan derasnya debit air mengakibatkan sejumlah wilayah di dua Kecamatan, Wates dan Panjatan kebanjiran. Peristiwa itu terjadi malam tadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Pemkab mencatat hingga siang ini 562 warga mengungsi, terbagi di pos pengungsian di GOR Cangkring sekitar 406 jiwa, 116 jiwa di Tayuban, 40 jiwa di Panjatan.

"Jadi prioritas penanganan kita, perbaikan tanggul dan pengungsi. Kita sudah bagikan selimut, pakaian, bahan makanan, popok bayi, dan mendirikan dapur umum oleh Tagana," terangnya.

"Sebagian warga ada yang sudah pulang cek rumah tapi kita imbau sebelum tanggul selesai diperbaiki tinggal di pengungsian atau di rumah saudara dan lokasi yang dirasa lebih aman," imbuhnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed