DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 17:37 WIB

Walkot Solo Bicara Soal Apel Kebangsaan Rp 18 M: Untuk Jalin Persatuan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Walkot Solo Bicara Soal Apel Kebangsaan Rp 18 M: Untuk Jalin Persatuan Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Apel Kebangsaan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi heboh karena menelan APBD sebesar Rp 18 miliar. Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, menilai acara tersebut penting untuk menjalin persatuan.

"Saya pikir apel kebangsaan itu baik, untuk menjalin persatuan dan kesatuan kan baik," kata Rudy saat dihubungi detikcom, Jumat (15/3/2019).

Mengenai anggaran Rp 18 miliar, Rudy mengaku tidak mengetahui. Dia juga enggan mengomentari biaya fantastis yang dikucurkan pemprov untuk acara pada Minggu (17/3) di Semarang nanti.


"Saya tidak tahu soal Rp 18 miliar. Kalau itu kan urusan pemprov," katanya.

Rudy merupakan salah satu tamu yang diundang dalam apel kebangsaan. Namun dia memastikan tidak dapat menghadirinya.


"Tanggal 17 Maret saya ada menghadiri acara deklarasi dukungan warga Banyuanyar untuk Pak Jokowi dan PDIP. Saya sudah izin tidak datang (ke apel kebangsaan)," ujarnya

Sedangkan mengenai tudingan adanya kampanye dalam acara tersebut, Rudy memastikan apel kebangsaan bersifat netral. Tidak ada pengenalan calon presiden dalam acara tersebut.

"Tidak ada kampanye, tidak ada atribut kampanye, tidak ada juga pemaparan visi-misi. Ini kan murni kebangsaan," katanya.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed