DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 17:24 WIB

Apel Kebangsaan Senilai Rp 18 M, PDIP Jateng: Tak Seberapa

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Apel Kebangsaan Senilai Rp 18 M, PDIP Jateng: Tak Seberapa Ketua DPW PDIP Jateng, Bambang Wuryanto. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Apel kebangsaan yang digelar Pemprov Jateng menelan biaya sebesar Rp 18 juta. DPW PDI Perjuangan (PDIP) Jateng menilai angka tersebut tidaklah seberapa.

Hal itu diungkapkan Ketua DPW PDIP Jateng, Bambang Wuryanto. Menurutnya, dana Rp 18 miliar tidak bisa dibandingkan dengan kepentingan persatuan bangsa.

"Ini kan bisa dilakukan audit, untuk apa saja. Tapi soal besarannya, ini tidaklah seberapa dibandingkan dengan kepentingan bangsa," kata pria yang disapa Bambang Pacul saat ditemui di Solo, Jumat (15/3/2019).

Menurutnya, acara tersebut penting digelar. Sebab, kata Bambang, soal kebangsaan masyarakat Indonesia saat ini sedang diuji.

"Kita semua sadar bahwa soal kebangsaan kita sedang diuji kekuatannya. Kita bisa lihat USSR (Uni Republik Sosialis Soviet) pecah, Eropa pecah. Dan kita syukuri republik ini masih dalam keadaan baik," katanya.


Beberapa pihak mengkritik dana sebesar itu dapat digunakan untuk banyak hal, seperti membenahi jalan rusak hingga meningkatkan gaji guru. Bambang memastikan soal kebangsaan tidak bisa dibandingkan hal lain.

"Lihatlah sejarahnya terbentuknya bangsa ini. Itu bukan hanya soal uang, tapi soal keringat, air mata dan darah yang dikorbankan pahlawan," ujar legislator Komisi I DPR RI itu.

Untuk diketahui, Apel Kebangsaan tersebut akan digelar hari Minggu (17/3) mendatang di kawasan Simpang Lima Semarang.

Terdapat empat panggung dengan panggung utama di Lapangan Simpanglima, kemudian panggung di Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran dan Jalan Ahmad Yani.


Sejumlah tokoh yang akan mengisi orasi yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KH. Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi).

Acara juga akan dimeriahkan sejumlah artis nasional yakni Slank, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma dengan MC Vincent-Desta dan Cak Lontong.

Dalam website LPSE Provinsi Jateng disebutkan nama tender "Pengadaan Kegiatan Apel Kebangsaan Jawa Tengah Tahun 2019 Rampak Senandung Kebangsaan" memiliki nilai pagu paket Rp 18.764.420.000,00. Anggaran berasal dari APBD 2019 dengan instansi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dengan satuan kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed