DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 17:10 WIB

Gus Muwafiq Diundang Apel Kebangsaan Rp 18 M: Gila Kalau Pakai APBD!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Gus Muwafiq Diundang Apel Kebangsaan Rp 18 M: Gila Kalau Pakai APBD! Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Gunungkidul - Apel kebangsaan bertajuk 'Kita Merah Putih' yang dihelat di Semarang lusa disebut menghabiskan biaya menggunakan APBD senilai Rp 18 miliar. KH Ahmad Muwafiq, atau yang lebih dikenal Gus Muwafiq menilai angka Rp 18 miliar terlalu besar untuk acara itu.

"Saya nggak ngerti, saya kan nggak ngerti, wong saya diminta datang, itu saja," ujar Gus Muwafiq saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (15/3/2019) sore.

Lanjut Muwafiq, ia menganggap apel tersebut seharusnya tidak perlu memakan biaya hingga Rp 18 miliar. Terlebih dana tersebut berasal dari anggaran APBD.

"Ya nggak mungkinlah menggunakan APBD, pemerintahnya gila kalau kaya gitu kok pakai APBD. Itu sama dengan NU dituduh menerima bantuan Rp 1,6 triliun itu," ucapnya.

Namun demikian, Gus Muwafiq menilai anggaran APBD tidak salah jika dipergunakan untuk mengadakan acara, apalagi yang menggelar Pemerintah Provinsi. Akan tetapi, jika acara tersebut memang murni untuk kampanye seharusnya tidak menggunakan APBD.


"Jangan APBD kalau itu untuk kampanye, kalau untuk acara provinsi nggak papa, tapi kalau untuk kampanye ya pasti bukan dari APBD dong," katanya.

Gus Muwafiq menambahkan, bahwa ia akan hadir dalam apel kebangsaan yang digelar di Semarang.

"Hadir, inshaallah, ini masih di Jakarta saya," tukasnya.


Diberitakan sebelumnya, Apel Kebangsaan bertajuk 'Kita Merah Putih' digelar hari Minggu (17/3) di kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah. Dalam acara tersebut, terdapat empat panggung dengan panggung utama di Lapangan Simpanglima, kemudian panggung di Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran dan Jalan Ahmad Yani.

Sejumlah tokoh yang akan mengisi orasi yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KH. Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi).


Acara juga akan dimeriahkan sejumlah artis nasional yakni Slank, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma dengan MC Vincent-Desta dan Cak Lontong.

Dalam website LPSE Provinsi Jateng disebutkan nama tender "Pengadaan Kegiatan Apel Kebangsaan Jawa Tengah Tahun 2019 Rampak Senandung Kebangsaan" memiliki nilai pagu paket Rp 18.764.420.000,00. Anggaran berasal dari APBD 2019 dengan instansi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dengan satuan kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed