detikNews
Rabu 13 Maret 2019, 12:23 WIB

Kata Tetangga tentang Pria Pembawa Bahan Peledak di Mako Brimob Yogya

Ristu Hanafi - detikNews
Kata Tetangga tentang Pria Pembawa Bahan Peledak di Mako Brimob Yogya Rumah RDY di Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - RDY (29), pria yang diamankan karena membawa bahan peledak di Mako Brimob Polda DIY dikenal sebagai sosok yang tertutup di mata tetangga rumahnya di Dusun Bleber Lor, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. RDY disebut jarang berinteraksi dengan warga sekitar.

"Orangnya tertutup, jarang berinteraksi dengan warga. Jarang ikut acara kampung," kata Tukijo (64), tetangga rumah RDY saat ditemui wartawan, Rabu (13/3/2019).

Diungkapkannya, RDY juga jarang berada di rumah. Saat tetangga menegur sapa pun juga tak jarang diabaikan.


"Ya seperti itulah, disapa diam, orangnya tertutup," ujarnya.

Warga sekitar diakuinya kaget ketika mendengar kabar RDY diamankan polisi karena membawa bahan peledak di Mako Brimob Polda DIY. Tukijo melanjutkan, setelah RDY diamankan, puluhan anggota polisi langsung mendatangi rumah RDY.

"Kemarin siang, setelah zuhur, banyak polisi ke sini. Ada yang pakai seragam ada yang tidak, ada puluhan orang," imbuhnya.


Diberitakan sebelumnya, RDY diamankan petugas penjaga pos Mako Brimob di Baciro, Kota Yogya sekitar pukul 09.30 WIB, kemarin. Dia kedapatan membawa tas berisi 35 butir peluru dan sejumlah barang lainnya.

Awalnya, RDY mendatangi pos jaga Mako Brimob untuk menanyakan sebuah alamat. Karena gerak-geriknya mencurigakan, petugas lantas memeriksa identitas dan isi tas RDY. Polisi kemudian membawanya ke Polda DIY untuk diperiksa terkait barang bawaannya itu.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com