detikNews
Selasa 12 Maret 2019, 09:38 WIB

Mengunjungi Rumah Selebar 1 Meter Milik Warga di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Mengunjungi Rumah Selebar 1 Meter Milik Warga di Solo Muka rumah selebar 1 meter milik Joko di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Sebuah rumah di Solo menjadi viral di media sosial karena disebut-sebut hanya memiliki lebar satu meter. Bahkan sebagian warganet menyebutnya mirip dengan rumah unik yang ada di Vietnam.

Lokasinya berada di Jalan Kahuripan Barat I nomor 33, RT 02 RW 05, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo. Memang saat melintas, rumah tersebut langsung menarik perhatian.

Tampak rumah yang menghadap ke utara tersebut terhimpit dua bangunan lainnya. Di sisi baratnya adalah rumah tetangga, sedangkan sisi timurnya adalah PAUD Nur'ainiyah.


Mengunjungi Rumah Selebar 1 Meter Milik Warga di SoloTangga rumah milik Joko di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Terlihat halaman bangunan berlantai dua itu hanya memiliki lebar 1,3 meter dan memanjang ke belakang. Warganet sampai mempertanyakan ruang-ruang di dalam rumah itu, seperti toilet hingga tempat tidur.

Pemilik rumah tersebut ialah Joko Priyanto dan istrinya, Sri Maryani. detikcom berkesempatan melihat rumah yang mereka tinggali bersama dua anak mereka.

Bagian paling luar rumah tersebut ialah akses masuk berpagar. Kemudian masuk ke dalam pintu pertama terdapat ruang kosong kecil.

Masuk ke ruang tamu, baru diketahui bahwa kesan rumah super sempit itu hanyalah pada bagian luar. Ternyata di belakang PAUD tersebut ialah bangunan milik Joko.
Mengunjungi Rumah Selebar 1 Meter Milik Warga di SoloKondisi di dalam rumah milik Joko di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)


Berbeda dengan rumah unik di Vietnam sampai bagian belakang pun lebarnya tetap satu meter. Sedangkan rumah di Solo ini hanya bagian depan saja yang lebarnya satu meter.

Jika dihitung dari pagar luar, panjang bangunan itu ialah sekitar 14 meter ke belakang. Sedangkan pada bagian dalam rumah, lebarnya terhitung sekitar 8 meter. Dalam sertifikat, luas bangunannya terhitung 55 meter persegi.

"Di bawah ada satu kamar, toilet, dapur, ruang ramu sekaligus garasi. Di atas ada dua kamar, ruang santai, sama ruang terbuka," kata Joko, Selasa (12/3/2019).
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com