Berobat di Jerman, BJ Habibie Tak Hadiri Pemberian Anugerah di UNS

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 11 Mar 2019 14:15 WIB
Ilham Habibie mewakili BJ Habibie menerima anugerah dari UNS. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Ilham Habibie mewakili BJ Habibie menerima anugerah dari UNS. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie memperoleh penghargaan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Namun Habibie berhalangan hadir menerima penghargaan dalam Dies Natalis ke-43 UNS, Senin (11/3/2019), karena sedang berobat.

Dalam peringatan hari lahir UNS ini, Habibie mendapatkan penghargaan tertinggi UNS yakni Parasamya Anugraha Widyatama Makayasa. Penghargaan diberikan atas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dilakukan Habibie.

Kehadiran BJ Habibie untuk menerima penghargaan tersebut diwakili oleh salah satu putranya, Ilham Akbar Habibie. Ilham juga mewakili ayahnya membacakan sambutan tertulis BJ Habibie.

"Insya Allah apa yang telah dikembangkan oleh Bapak (BJ Habibie) bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia, sehingga kita semuanya bisa meningkatkan dan memaksimalkan kesejahteraan, keadilan, perdamaian dan sebagainya di Indonesia," kata Ilham usai sidang senat di Auditorium UNS.


Ilham mengatakan ayahnya sedang berobat di Jerman sejak beberapa bulan lalu. Habibie rencananya baru akan kembali ke Indonesia bulan depan.

"Memang sudah lama berobat di Jerman, sejak Oktober. Pulangnya nanti awal April," katanya.

Namun Ilham memastikan kondisi ayahnya terus membaik. Meski demikian, aktivitas Habibie berkurang dan lebih banyak beristirahat di rumah.

"Kondisinya tidak bedrest. Aktivitas berkurang, lebih sering istirahat tapi di rumah, tidak di rumah sakit," ujar Ilham.


Penghargaan diserahkan Rektor UNS, Ravik Karsidi, kepada Ilham mewakili ayahnya. UNS menilai Habibie berjasa besar dan memiliki kepeloporan luar biasa di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga pantas mendapatkan penghargaan tersebut. (bai/mbr)