DetikNews
Rabu 06 Maret 2019, 17:55 WIB

Sutopo: Energi Magma Merapi Kali Ini Tak Besar, Warga Jangan Panik

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sutopo: Energi Magma Merapi Kali Ini Tak Besar, Warga Jangan Panik Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Angling AP/detikcom)
Semarang - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengimbau masyarakat tidak termakan hoaks soal erupsi Gunung Merapi. Sutopo meminta agar mengacu informasi di BPPTGK atau BPBD.

Sutopo mengatakan hari ini sempat tersebar foto erupsi vertikal dari Gunung Merapi. BPPTKG sudah langsung memberikan klarifikasi kalau informasi tersebut tidak benar.

"Tadi ada menyebar hoaks foto erupsi besar vertikal dan BPPTKG sudah katakan itu hoaks. Masyarakat diminta utuk merujuk ke BPPTKG atau BPBD," kata Sutopo saat bersilaturahmi di Kantor Pemprov Jawa Tengah, Rabu (6/3/2019).


Sutopo menjelaskan, saat ini status Gunung Merapi adalah level II dalam radius 3 km. Status itu tidak bisa tiba-tiba berubah menjadi level awas, karena ada tahapannya. Instrumen pemantau di sana pun cukup lengkap.

"Jadi aktivitas suatu gunung itu tidak satu ketika meletus, gunung itu tipenya termasuk slow on set. Jadi apalagi di Gunung Merapi, instrumentasi untuk memantau Gunung Merapi itu termasuk yang paling bagus dan lengkap di Indonesia," jelasnya.


Selain itu 4 Kabupaten yang mengelilingi Merapi juga sudah cukup siap untuk menghadapi bencana. Oleh sebab itu masyarakat diminta tenang dan tidak panik.

"Kalau kita melihat sampai saat ini, energi dari magma yang ada di dapur magma juga tidak terlalu besar, sehingga proses keluarannya juga pelan-pelan," pungkas Sutopo.



Simak juga video Ronda Malam Bareng Warga DIY Memantau Aktivitas Gunung Merapi:

[Gambas:Video 20detik]


(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed