detikNews
Selasa 05 Maret 2019, 10:48 WIB

Jalur Ganda Stasiun Palur-Kedungbanteng Resmi Beroperasi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jalur Ganda Stasiun Palur-Kedungbanteng Resmi Beroperasi Jalur ganda Stasiun Palur-Kedungbanteng (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Karanganyar - Pembangunan double track atau jalur ganda dari Stasiun Palur, Karanganyar ke Stasiun Kedungbanteng, Ngawi telah selesai. Hari ini jalur ganda tersebut resmi dioperasikan.

Peresmian jalur sepanjang 34 km ini dilakukan di Stasiun Kemiri, Karanganyar, Selasa (5/3/2019). KA Sancaka reguler rute Yogyakarta-Surabaya menjadi kereta pertama yang melintasi jalur ganda tersebut.

Hadir dalam peresmian, Direktur Prasarana Perkeretaapian Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zamrides dan Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto.

"Dengan adanya jalur ganda ini, perjalanan kereta bisa semakin lancar. Waktu tempuh Solo-Kedungbanteng yang sebelumnya 45 menit, sekarang bisa 30 menit," kata Zamrides.

Jalur Ganda Stasiun Palur-Kedungbanteng Resmi BeroperasiJalur ganda Stasiun Palur-Kedungbanteng (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Selanjutnya, KAI akan mengoperasikan jalur ganda yang menghubungkan Stasiun Jebres ke Palur. Rencananya, pengoperasian jalur Jebres-Palur akan dilakukan April 2019.

"Nanti akan menyusul Kedungbanteng-Madiun dan Madiun-Jombang. Semoga bisa dioperasikan tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala PT KAI Daop 6 Eko Purwanto, mengatakan adanya kemungkinan menambah perjalanan KA di wilayahnya. Misalnya dengan memperpanjang rute KA Prameks hingga ke Palur.

"Stasiun Palur juga masih dalam proses pembangunan. Ini untuk melayani masyarakat Karanganyar, jadi tidak perlu ke Solo dulu," katanya.

Adanya jalur ganda ini juga diharapkan dapat memperlancar arus mudik dan balik saat lebaran tahun ini.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com