DetikNews
Jumat 01 Maret 2019, 12:38 WIB

Sandiaga Cicipi Sate Balibul Tuwel di Tegal: Ini Lebih dari Maknyus

Imam Suripto - detikNews
Sandiaga Cicipi Sate Balibul Tuwel di Tegal: Ini Lebih dari Maknyus Sandiaga Uno menyantap sate balibul di Tegal. Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Setiap singgah di satu daerah, Cawapres Sandiaga Uno tampaknya tak pernah melewatkan kuliner khas daerah tersebut. Sebelum memulai kampanye di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sandiaga menyempatkan diri mencicipi kuliner sate kambing muda Balibul (bawah lima bulan).

Acara kuliner ini dilakukan Sandi usai berolahraga lari di kawasan Guci Tegal, Jumat (1/3/2019) Sandiaga Salahuddin Uno mampir di Warung Sate Kambing Balibul Tuwel. Rumah makan sate kambing khas Tegal ini berada di pinggir jalan raya, sebelum masuk ke wilayah wisata Guci Tegal.

Calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto ini, memesan sate kambing, sop, gulai dan teh poci. Sandi tampak lahap menikmati menu kambing muda ini hingga tusuk terakhir.

"Dagingnya lembut sekali. Lumer di lidah. Ini cita rasa yang mungkin hanya bisa didapatkan di Tuwel. Ini lebih dari maknyuss," kata Sandi.


Sementara pemilik Balibul Tuwel, Hj Istikharoh tersenyum semringah mendengar pujian yang dilontarkan oleh cawapres ini.

Sate kambing itu disajikan dengan cara ditusuk bumbu dan dibakar dengan arang membara. Untuk sambalnya disajikan terpisah, yaitu bawang merah mentah, tomat dan kecap juga tumbukan cabai rawit. Bumbu ini disiram dengan kecap manis.

Sandi menyatakan akan mengembangkan usaha kuliner seperti Balibul Tuwel. Karena ini merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang penuh cita rasa dengan bumbu khas Indonesia.


Kuliner di sepanjang jalan menuju Guci banyak ditemui di pinggir jalan. Menurut Sandi, banyaknya usaha kuliner akan lebih baik jika diintegrasikan dengan destinasi wisata alam Guci. Sehingga menggerakkan ekonomi dan menyerap lapangan kerja lebih banyak lagi

"Kalau lewat jalan ini, mampir ke warung Balibul Tuwel. Bukan cuma sedap dan nikmat, tapi juga rasakan daging kambing yang lembut dengan penuh cita rasa," canda Sandi yang dikerumuni relawan, simpatisan dan masyarakat sekitar yang ingin berfoto.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed