DetikNews
Kamis 28 Februari 2019, 11:31 WIB

Cerita di Balik Nama Caleg PKS yang Viral, Fransisca Santa Clause

Ristu Hanafi - detikNews
Cerita di Balik Nama Caleg PKS yang Viral, Fransisca Santa Clause Caleg PKS Fransisca Santa Clause. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sleman bernama Fransisca Santa Clause viral di media sosial. Netizen ramai-ramai membicarakan namanya.

Seperti apa cerita di balik nama sosok Fransisca, caleg Dapil 5 (Mlati dan Gamping) untuk kursi DPRD Sleman di Pemilu 2019 itu?

Saat berbincang dengan detikcom di sela acara kampanye capres nomor urut 02, Prabowo Subianto di Grand Pacific Hall Sleman, Rabu (27/2/2018), Fransisca sedikit mengulas asal-usul namanya itu.

"Iya betul itu namanya," kata Fransisca.

Penjelasan dari orang tuanya, lanjut Fransisca, nama itu diberikan sebatas karena waktu kelahirannya, yakni akhir bulan November. Ada pihak keluarga yang mengusulkan nama itu karena memang keluarganya berasal dari dua latar belakang berbeda.

"Nama dikasih orang tua, dinamai begitu oleh orang tua," jelasnya.


Diberitakan sebelumnya, viral di media sosial, poster caleg PKS bernama Fransisca Santa Clause. Beragam komentar dari netizen menanggapi nama caleg Dapil 5 untuk kursi DPRD Kabupaten Sleman itu.

Saat detikcom melihat poster itu kemarin siang, tampak foto Fransisca lengkap dengan logo PKS dan contoh surat suara beserta kalimat ajakan untuk memilih dirinya di Pemilu 2019.

'Kagem : Segenap Saudara, Trah, Tetangga, Sahabat & Rekan-rekan skalian, Mohon Doa, Restu dan Dukungannya. Pemilu 17 April 2019 mencoblos saya, nomer urut 3 dari PKS untuk suara DPRD Kab.Sleman (surat suara warna hijau)'.


Di bagian bawah tertulis ' 3. Fransisca Santa Clause, S.Pi, Calon Anggota DPRD Kab.Sleman, Dapil 5 (Mlati dan Gamping)'.

Detikcom melihat poster itu diunggah sebuah akun twitter dengan keterangan 'Nemu di explore IG, nama caleg dan asal partai ga sinkron syekali'. Unggahan itu diretweet 256 kali, disukai 167, dan 38 komentar.

Asal muasal poster itu ternyata berasal dari akun Instagram pk_sejahtera yang diunggah dan telah disukai 3.203 dengan 162 komentar. Informasi pada akun itu tertulis sebagai akun resmi Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS).



Saat dimintai konfirmasinya, Ketua DPD PKS Kabupaten Sleman, Hasto Karyantoro enggan menanggapi banyak soal komentar dari para netizen yang melontarkan ragam pertanyaan atas nama dari caleg tersebut.

"Alhamdulillah kalau memang benar jadi viral," ujarnya.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed