DetikNews
Kamis 28 Februari 2019, 10:49 WIB

Soal Isu AHY Jadi Ketum, PD DIY: Sampai Sekarang Masih SBY

Usman Hadi - detikNews
Soal Isu AHY Jadi Ketum, PD DIY: Sampai Sekarang Masih SBY AHY saat berada di Pekanbaru. Foto: Bintang Radityo/Kogasma PD
Yogyakarta - Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didorong oleh sejumlah pengurus partai di daerah agar didapuk menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat menggantikan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Begini respons PD DIY terkait hal itu.

Ketua DPD Partai Demokrat DIY Heri Sebayang enggan berkomentar terlalu jauh. Alasannya belum ada pembicaraan di internal partai baik di tingkat DPD maupun DPP perihal suksesor SBY selaku Ketum Partai.

"Kita belum ada pembicaraan (suksesor SBY), begitu. Dari beberapa daerah juga belum ada kok," jelas Heri saat dihubungi detikcom, Kamis (28/2/2019).


Dijelaskannya, Ketum Partai Demokrat hingga saat ini masih tetap SBY. Sementara AHY di internal partai diberi amanah sebagai Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma). Jabatan keduanya belum berubah.

"Tetap sampai sekarang Ketua Umum (Demokrat) itu Pak SBY. Mas AHY sebagai Ketua Kogasma yang memang tugasnya untuk ke daerah-daerah membantu untuk kampanye pemenangan Partai Demokrat," tuturnya.

Disinggung lebih pantas mana antara AHY dengan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang menjadi suksesor SBY, Heri enggan berkomentar. Menurutnya, hal itu tak etis dibicarakan di saat Ani Yudhoyono terbaring sakit.


"Aku belum bisa comment, Mas," ucapnya. "Ibu (Ani Yudhoyono) lagi sakit, nggak etis kita bicara (suksesi) kan," tuturnya.

Istri SBY yang juga ibu dari AHY dan Ibas, Ani Yudhoyono, hingga kini memang masih dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura.

"Ibu (Ani Yudhoyono) masih berobat di Singapura. Ya harus intensif (menjalani pengobatan). Makanya bapak (SBY) tetap menunggui ibu di sana, kan begitu," tutupnya.


Saksikan juga video 'AHY Jadi Suksesor SBY, Demokrat Makassar Tak Masalah':

[Gambas:Video 20detik]


(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed