TKD Jokowi: Prabowo Didukung Ribuan Purnawirawan Itu Klaim, Kita Lihat Nanti

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 27 Feb 2019 12:16 WIB
Prabowo Subianto dan purnawirawan (Foto: Dok. BPN Prabowo-Sandiaga)
Yogyakarta - Puluhan ribu purnawirawan TNI/Polri di Jateng dan DIY disebut all out mendukung paslon Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Timses Jokowi di DIY melalui Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) menyebutnya sebagai klaim sepihak timses Prabowo.

"Kalau klaim dalam rangka deklarasi relawan Purnawirawan TNI/Polri yang ada di Jateng-DIY (mendukung Prabowo) itu sah, hak politik masing-masing, silakan saja," ujar Sekretaris TKD KIK DIY, Johanes S Keban, di Kantor DPD Golkar DIY, Rabu (27/2/2019)

"Semua orang dengan berbagai cara bagaimana agar jagonya diberi amanat oleh rakyat, boleh saja klaim. Tetapi kita akan lihat nanti. Kami juga tahu bahwa banyak juga relawan dari (Purnawirawan) TNI/Polri yang mendukung Jokowi-Ma'ruf," sambungnya.


Namun Keban memastikan tidak benar apabila dikatakan seluruh Purnawirawan TNI/Polri di Jateng-DIY mendukung Prabowo-Sandi. Menurutnya, lebih tepat bila dikatakan dukungan Purnawirawan ada di dua kubu, baik di kubu Prabowo maupun Jokowi.

"Kalau klaim semacam itu (seluruh Purnawirawan Jateng-DIY mendukung Prabowo) saya kira tidak. Nyatanya banyak Purnawirawan TNI/Polri yang mendukung Jokowi. Tapi memang ada (purnawirawan) yang mendukung Pak Prabowo, iya," ucapnya.


Sebelumnya Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo mengklaim puluhan ribu purnawirawan TNI/Polri di Jateng dan DIY mendukung Prabowo-Sandi. Bahkan dia mengklaim semua purnawirawan di Jateng bisa dipastikan memberikan dukungan ke Prabowo.

"Di Jateng ada sekitar 32.000 purnawirawan TNI, DIY sekitar 6.000 purnawirawan TNI. Yang beri dukungan ke Pak Prabowo, di Jateng sepengetahuan saya semua mendukung, saya sudah muter seluruh Jateng, purnawirawan dan keluarganya semua akan mendukung Prabowo," lanjut mantan Guberbur Jateng tersebut," ujar Bibit, Selasa (26/2) kemarin.


Saksikan juga video 'Jokowi-Ma'ruf Didukung Purnawirawan TNI-Polri':

[Gambas:Video 20detik]

(ush/mbr)