Pekerja Wisata di Bandungan Ikuti Sosialisasi Pemilu

Aji Kusuman - detikNews
Selasa, 26 Feb 2019 19:49 WIB
Foto: Aji Kusuma/detikcom
Semarang - Bawaslu Kabupaten Semarang yang menggelar sosialisasi di kawasan wisata Bandungan. Target dari agenda ini adalah meningkatkan partisipasi aktif pekerja wisata untuk mengikuti Pemilu 2019.

Ratusan pekerja terutama para pemandu lagu, karyawan hotel di kawasan wisata Bandungan antusias mengikuti sosialisasi. Mereka itu sebagian besar dari luar dari Kabupaten Semarang.

"Fokus agenda ini kan sosialisasi kepada para pekerja wisata disini. Ada karyawan hotel dan rumah karaoke. Kami merasa perlu menyambangi kawan-kawna disini, karena mereka jarang tersentuh," jelas M Talkhis kepada detikcom, Selasa (26/2/2019).

"Mereka juga kebanyakan berasal dari luar daerah, sehingga perlu mendorong mereka untuk bisa menyuarakan pilihannya saat pemilu 2019 ini," imbuhnya.

Ia juga menambahkan, dalam sosialisasi ini juga dilakukan Deklarasi Pekerja Wisata Sadar Pemilu Bersih 2019. Tujuan dari deklarasi adalah pengukuhan kesepakatan untuk bersama-sama mengawasi jalannya pemilu yang bermartabat.

"Selain pemaparan materi tentang hoaks, black campaign, dan money politics. Kami juga meminta seluruh pekerja wisata untuk berkenan menandatangani spanduk Deklarasi Pekerja Wisata Sadar Pemilu Bersih 2019, ini mempertegas niat kami untuk mengawasi pemilu bersama seluruh lapisan masyarakat," tandasnya.

Sosialisasi dihadiri sekitar 100-an pekerja di wilayah Bandungan. Agenda ini dilaksanakan di Exelent Pub and Karaoke, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang.

Perwakilan Asosiasi Karaoke Bandungan (AKRAB) Pristyo Hartanto mengaku mendukung penuh agenda sosialisasi ini. Menurutnya, sosialisasi ini perlu bagi pekerja wisata di Bandungan karena untuk memberi pemahaman terkait pentingnya partisipasi aktif mereka dalam pemilu 2019.

"Ini menjadi hal penting karena kesadaran pekerja wisata untuk memilih pada pemilu masih rendah. Sekitar 800-1200 pekerja wisata aktif disini, mereka juga punya hak untuk memilih, lewat sosialisasi ini harapan saya akan meningkatkan atensi mereka terhadap pemilu," jelas Pristyo.

Intan Yuanita salah satu pekerja wisata di Bandungan mengaku sangat antusias mengikuti sosialisasi. Ia berharap keaktifannya dalam pemilu 2019 berdampak baik bagi pekerjaan dan lingkungan wisata Bandungan.

"Ya harus memilih lah, jangan sampai nggak memilih. Satu suara itu menentukan siapa yang akan memimpin, kita harus bisa memilih yang benar-benar bisa melindungi masyarakat dan bertanggung jawab dalam memimpin nantinya," tandas Yesi.
(bgk/bgs)