detikNews
Selasa 26 Februari 2019, 17:18 WIB

Tanah Masih Terus Gerak, Rumah Warga di Banjarnegara Dibongkar

Uje Hartono - detikNews
Tanah Masih Terus Gerak, Rumah Warga di Banjarnegara Dibongkar Rumah wargadi Banjarnegara dibongkar. Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Rumah korban tanah gerak di Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara mulai dibongkar. Pembongkaran dilakukan karena kerusakan semakin parah dan sudah tidak layak untuk dihuni lagi.

Kepala Desa Kebutuhjurang Sujarwo mengatakan, saat ini sudah ada delapan rumah warga yang dibongkar. Alasannya, karena kerusakan rumah semakin parah seiring dengan tanah yang masih bergerak.

"Kondisi rumah sudah tak layak dan rusak berat, ada yang kondisinya sudah jebol, miring dan lantai retak lebih dari satu jengkal. Sampai sekarang, tanah di Dusun Keli Entok Desa Kebutuhjurang masih terus bergerak," ujarnya saat melihat kondisi rumah warga, Selasa (26/2/2019).


Pembongkaran dilakukan oleh warga dan relawan gabungan BPBD, PMI Banjarnegara dan beberapa relawan lainnya. Saat pembongkaran rumah, perabotan yang sekiranya masih bisa dimanfaatkan untuk diamankan.

"Pembongkaran dilakukan selama tiga hari ini dan dilakukan pemilahan material yang masih bisa dipakai. Misalnya, genteng, kayu, pintu, jendela, dan batu bata yang masih bisa dipakai lagi," tuturnya.


Humas PMI Banjarnegara M Alwan Rifai menuturkan, pengungsian tanah bergerak terjadi sejak tanggal 13 Februari yang lalu. Total warga yang mengungsi saat ini adalah 26 KK dan 87 jiwa.

"Para pengungsi ini tersebar di beberapa lokasi rumah warga secara komunal," jelasnya.

Untuk bantuan logistik, saat ini pengungsi mendapatkan sesuai dengan jumlah jiwa per KK. Sedangkan pelayanan kesehatan untuk warga dan pengungsi dilakukan PMI bersama bidan desa.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com