TNGM Tutup Lokasi Pohon Tumbang Tewaskan Wisatawan di Kaliurang

Ristu Hanafi - detikNews
Minggu, 24 Feb 2019 18:25 WIB
Lokasi wisatawan tewas tertimpa pohon di Kaliurang (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) menutup sementara objek wisata Tlogo Muncar di kawasan Kaliurang, Kabupaten Sleman. Keputusan itu buntut tewasnya seorang pengunjung setelah tertimpa pohon yang tumbang siang tadi.

"Kawasan Tlogo Muncar untuk sementara ditutup bagi wisatawan setelah peristiwa tadi siang," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNGM, Akhmadi saat dihubungi wartawan, Minggu (24/2/2019).

Akhmadi mengaku penutupan Tlogo Muncar untuk keperluan evaluasi titik-titik dan kondisi pohon yang berpotensi membahayakan keselamatan pengunjung. Batas waktu penutupan pun belum bisa dipastikan sampai kapan.

"Untuk sementara yang Muncar saja yang ditutup, belum bisa dipastikan sampai kapan. Kita pastikan dulu kondisinya di lapangan. Kalau yang lainnya relatif aman tapi tetap akan kami kaji dan evaluasi ulang seluruhnya," jelasnya.


Akhmadi menerangkan, peristiwa yang menewaskan Asmawah (45), pengunjung asal Kalasan sekitar pukul 11.28 WIB dipicu tumbangnya satu pohon yang berada di atas tebing.

"Pohon utama yang tumbang memang besar, posisinya di atas tebing dan mengenai pohon di bawahnya berjarak lebih dari 10 meter. Lalu pohon di bawah itu patah dan mengenai keempat wisatawan, diameter sekitar 30 cm seukuran satu tiang listrik," ungkapnya.

Akhmadi melanjutkan, Balai TNGM dan pengelola objek wisata sebetulnya sudah memasang papan peringatan bagi wisatawan agar tidak mendekat dengan pohon besar dan tebing yang berpotensi longsor.

"Sudah pasang imbauan agar wisatawan berhati-hati, tidak berada di dekat pohon besar. Tapi pada prinsipnya ini menjadi bahan evaluasi kita bersama," imbuhnya. (mbr/mbr)