DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 18:35 WIB

Sleman Diterjang Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang

Usman Hadi - detikNews
Sleman Diterjang Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang Ilustrasi (Foto: Dok. detikcom)
Sleman - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebutkan bahwa puluhan pohon di Kabupaten Sleman tumbang akibat diterpa angin kencang sore ini.

BPBD DIY mencatat setidaknya ada 21 pohon tumbang, 4 atap rumah rusak dan sejumlah kerusakan lainnya. Kini petugas BPBD Sleman dan DIY serta relawan masih terus melakukan pendataan di lapangan.

"Dampak hujan disertai angin kencang di wilayah Sleman meliputi Kecamatan Turi, Tempel, Prambanan, dan Kalasan. Ada 21 pohon tumbang, 4 atap terbang, sebuah dinding roboh, sebuah jaringan listrik terdampak, 4 akses jalan terganggu, 2 tempat usaha terdampak, tiga kendaraan rusak, dan sebuah tower roboh," jelas Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/2/2019).


Biwara menjelaskan, sebenarnya tidak hanya wilayah Sleman saja yang mengalami hujan deras sore tadi. Namun sejumlah wilayah lain seperti sebagian wilayah di Gunungkidul, Kulon Progo, dan Bantul juga turun hujan. Namun dampak hujan deras tersebut tidak separah dibandingkan di wilayah Sleman.

"Sebenarnya pada pukul 12.30 WIB (sudah ada peringatan). Bahwa akan ada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 13.00 WIB di wilayah Sleman, Kulon Progo, Gunungkidul," ungkapnya.


Tak lama setelahnya, lanjut Biwara, terdapat informasi susulan yang menyebutkan bahwa akan ada hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Sleman sekitar pukul 15.10 WIB. Hingga akhirnya terjadi angin kencang di wilayah Kecamatan Turi dan sekitarnya dan menyebabkan sejumlah kerusakan.

"Data (dampak angina kencang) yang saya sampaikan tadi update sampai pukul 17.30 WIB. Saat ini teman-teman BPBD dan relawan masih terus melakukan pendataan," pungkas dia.
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed