DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 19:46 WIB

KPU Gunungkidul Ajukan 200 Kotak Suara Tambahan

Pradito Rida Pertana - detikNews
KPU Gunungkidul Ajukan 200 Kotak Suara Tambahan Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Gunungkidul - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul mengalami kekurangan kotak suara. KPU mengajukan 200 kotak suara ke KPU pusat. Hal itu karena beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kekurangan kotak suara.

"Untuk logistik belum ditemukan adanya kerusakan, 13868 kotak suara juga sudah dirakit. Tapi setelah dilihat kebutuhannya, ternyata di tingkat PPK itu kekurangan sekitar 200 (kotak suara)," ujar Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Gunungkidul, Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Kamis (21/2/2019).

"Karena itu kami sudah mengajukan lagi pengadaan kotak suara ke Pusat (KPU pusat), tapi sampai saat ini belum datang," imbuh Hani.

Menurut Hani, 200 kotak suara yang diajukan ke KPU pusat nantinya diperuntukkan ke beberapa TPS di Kabupaten Gunungkidul. Mengingat di sejumlah TPS itu kekurangan kotak suara untuk menampung formulir.

"Awalnya kan 11 kotak suara per TPS, dan keluar kebijakan kalau boleh sampai 27 kotak suara pada satu TPS. Karena setelah kami data ada kekurangan, maka diajukan itu tadi (200 kotak suara tambahan ke KPU pusat)," katanya.

Hani menambahkan, bahwa saat ini KPU Kabupaten Gunungkidul tengah menunggu pendistribusian surat suara dan kotak suara tambahan. Nantinya, setelah semua logistik Pemilu terpenuhi barulah KPU melakukan pendistribusian ke seluruh Kecamatan di Gunungkidul.

"Kalau semua kelengkapan logistik (Pemilu) sudah siap, akan kita distribusikan," pungkasnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed