DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 17:01 WIB

PDIP: Klaim PAN Tak Benar, Sekolah Amien Rais Mahal!

Usman Hadi - detikNews
PDIP: Klaim PAN Tak Benar, Sekolah Amien Rais Mahal! Foto: dok. PDIP
Yogyakarta - Anggota Komisi D DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari Fraksi PDI Perjuangan, Nuryadi, menyoroti mahalnya biaya sekolah di lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Budi Mulia Dua. Yayasan ini dikelola oleh keluarga Amien Rais.

"Sekolah Budi Mulia yang dikelola yayasan terkait keluarga Amien Rais dikenal sebagai salah satu yang termahal dan tak bisa diakses semua kelompok masyarakat. Itu sekolah kaum berduit," jelas Nuryadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/2/2019).

"Klaim sepihak bahwa tanah Pak Amien Rais yang luas dipakai untuk sekolah rakyat sama sekali tidak benar," lanjutnya.

Sebelumnya Wasekjen PAN, Saleh Daulay, menyatakan tanah yang dimiliki Amien Rais banyak dimanfaatkan untuk lembaga pendidikan. Saleh menilai keberadaan sekolah adalah bukti lahan Amien termanfaatkan untuk kepentingan rakyat.


Namun pernyataan Saleh dibantah Nuryadi. Dia menilai sekolah di bawah nauangan yayasan yang dikelola keluarga Amien tak semuanya bisa diakses rakyat. Hanya mereka yang berduit yang bisa menimba ilmu di sana.

"Contoh di Budi Mulia (baik TK, SD, SMP, SMA, dan SMK). Mungkin bagus. Tetapi apakah masyarakat mampu? Kalaupun mampu jadinya terpaksa. Supaya bisa gaya, karena orang sekolah di sana menjadi kaya semua. Budi Mulia itu mahal banget," ungkapnya.

Nuryadi menjelaskan, berdasarkan penelusuran yang dilakukannya biaya pendidikan yang harus dikeluarkan tiap siswa cukup mahal. Sebagai contoh, uang masuk awal di SD Budi Mulia Dua Pandeansari tahun 2018/2019 adalah Rp 12.430.000.


"Sekolah Pak Amien Rais yang sangat mahal tersebut dikelola oleh pihak keluarga. Dewan Pembina adalah Pak Amien Rais dan isteri, lalu Ketua Yayasan adalah Hanafi Rais. Jadi tidak benar kalau sekolah itu sepertinya untuk rakyat." pungkas dia.


Saksikan juga video 'Amien Rais: Jokowi Tak Mampu Pangkas Mafia Impor!':

[Gambas:Video 20detik]



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed