DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 23:47 WIB

Sambutan Tari Topeng untuk Kirab Api Cinta Jokowi-Ma'ruf di Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Sambutan Tari Topeng untuk Kirab Api Cinta Jokowi-Maruf di Boyolali Api cinta Jokowi-Ma'ruf tiba di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Kirab Api Cinta untuk Jokowi-Ma'ruf yang dikirab secara estafet tiba di Boyolali. Di Boyolali, obor api yang diambil dari Mrapen itu disambut kesenian tari tradisional khas Boyolali, Topeng Ireng.

Obor tersebut dibawa secara maraton keliling Jawa Tengah, sebagai salah satu kampanye untuk mengajak pemilih untuk tak Golput dalam Pemilu pada April 2019 mendatang.

Bentuk kampanye tersebut digagas oleh Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), yang mendukung Paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Obor dibawa secara estafet oleh pelari yang bergantian di tiap kota yang dilewati.

Sebelum masuk Boyolali, obor tersebut di kirab di wilayah Solo. Sesampainya di Boyolali, disambut di halaman Panti Marhein. Diterima oleh perwakilan anggota Repnas Boyolali, Tulus Budiono. Kedatangan obor tersebut disambut Tari Topeng Ireng.

Selanjutnya, sekitar pukul 15.00 WIB, obor diserahkan kepada pelari di Boyolali untuk dibawa menyusuri sejumlah jalan utama di Boyolali. Kemudian obor dibawa menuju Salatiga. Berikutnya ke Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, dan berakhir di Pekalongan.

"Tujuannya obor api cinta ini adalah untuk memberikan semangat generasi penerus dan memberikan semangat juga kepada pemilih supaya jangan sampai Golput (dalam Pemilu 2019)," kata Tulus Budiono, Selasa (19/2/2019).

Dikatakan juga, Kirab Obor Api Cinta ini juga sebagai bentuk dukungan kepada Paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin.


"Jadi pengusaha muda di Jateng mendukung, sukses untuk Pak Jokowi melanjutkan kepemimpinannya periode berikutnya," tandas Tulus.

Sementara itu Ketua Respnas Jateng, Wijaya Dahlan menambahkan, Kirab Api Cinta untuk Jokowi-Ma'ruf ini diselenggarakan di 15 Kabupaten/Kota mengelilingi Jawa Tengah. Boyolali ini adalah kota ke-5 di hari ke-3 keliling Jateng.

"Antusiasnya luar biasa sekali. Kita para pengusaha harus membuat politik ini tidak selalu yang serius. Politik ini harus dibuat menyenangkan, suasana harus lebih harmonis, menyehatkan. Kita anak muda, kita pengusaha harus menggerakkan ekonomi Indonesia. Akan lebih baik lagi jika Bapak Jokowi melanjutkan satu periode lagi," ujarnya.



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed