DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 23:27 WIB

Alissa: Ada Elit Politik Mainkan Isu Agama untuk Dulang Suara

Usman Hadi - detikNews
Alissa: Ada Elit Politik Mainkan Isu Agama untuk Dulang Suara Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Putri Sulung Gus Dur, Alissa Wahid, mengatakan saat ini banyak politikus yang memainkan isu agama untuk mendulang suara di pemilu 2019. Selain isu agama, para politikus juga tak segan memainkan isu primordial lainnya.

"Iya. Saya meyakini para politisi itu memahami betul apa yang bisa menggerakkan orang, dan yang bisa menggerakkan orang adalah sentimen-sentimen primordial (termasuk isu agama)," jelas Alissa, Selasa (19/2/2019).

Hal itu disampaikan Alissa usai Dialog Kebangsaan Seri V bagian dari rangkaian 'Jelajah Kebangsaan' di Stasiun Tugu Kota Yogyakarta. Turut hadir di acara ini Mantan Ketua MK Mahfud MD, Romo Benny Susetyo dan tokoh lainnya.

Menurut Alissa, sebenarnya wajar isu agama dibawa ke ranah politik. Dia mencontohkan resolusi jihad yang dicetuskan KH Hasyim Asyari juga merupakan produk politik kebangsaan untuk menyelamatkan negara dari penjajahan.

"Nah sekarang, kamu berjihad demi agama karena itu pilih saya (salah satu calon presiden), itu lo yang parah," ungkapnya.

Penyebab masyarakat mudah termakan politisasi isu agama, lanjut Alissa, lebih dikarenakan pendidikan politik yang masih rendah. Hingga akhirnya masyarakat terbawa isu yang dimainkan oleh politikus.

"Sehingga seakan-akan (pemilihan presiden) hidup-mati, padahal tidak. Siapapun presidennya tidak ada yang mati juga, gitu ya. Sementara sentimen masyarakat yang seperti itu justru dimanfaatkan oleh elit politik," sebutnya.

(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed