DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 13:40 WIB

KPU Boyolali Ajukan Penggantian 75 Kotak Suara Pemilu yang Rusak

Ragil Ajiyanto - detikNews
KPU Boyolali Ajukan Penggantian 75 Kotak Suara Pemilu yang Rusak Perakitan kotak suara Pemilu 2019 di Boyolali (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali - Perakitan kotak suara di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Jateng, telah selesai dilakukan. Diketahui ada 75 kotak suara yang rusak sehingga harus dimintakan ganti.

"Dari sebanyak 16.154 kotak suara, ada 75 yang rusak," kata Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, di kantornya Selasa (19/2/2019).

Kerusakan kotak suara tersebut tergolong ringan, kebanyakan pada kupingan atau pinggirannya mengelupas dan mengkerut. Dengan kondisi itu, sebenarnya bisa dirakit namun tidak rapi dan tidak kuat atau tidak kencang.


Menurut Ali, pihaknya sudah mengirim surat ke KPU Pusat untuk memintakan ganti kotak suara yangt rusak tersebut. Kini pihaknya masih menunggu kedatangan kotak suara pengganti.

"Sudah kami mintakan penggantian ke KPU Pusat," ujarnya.

Seperti diketahui, perakitan kotak suara di KPU Boyolali telah dilakukan, melibatkan sekitar 10 pekerja yang sejak 4 Februari lalu. Dari perakitan tersebut, KPU juga sekaligus memilah dan mendata jika ada yang rusak.


Ali menjelaskan, pihaknya menerima kotak suara dari kardus itu sesuai dengan kebutuhan untuk Pemilu di Boyolali, yaitu sebanyak 16.154. Jumlah tersebut untuk kebutuhan di 3.189 tempat pemungutan suara (TPS) dan 19 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Setiap TPS ada lima kotak suara dan per PPK sebanyak 11 kotak suara," imbuhnya.


Saksikan juga video 'Kotak Suara 'Kardus' di Cirebon Rusak, KPU: Ya Diganti':

[Gambas:Video 20detik]





Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed