DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 09:18 WIB

Kirab Api Cinta untuk Jokowi-Ma'ruf Sampai di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kirab Api Cinta untuk Jokowi-Maruf Sampai di Solo Api Cinta Jokowi-Ma'ruf di Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Setelah melewati tiga kota, torch relay bertajuk Kirab Api Cinta untuk Jokowi-Ma'ruf tiba di Solo hari ini. Ratusan orang antusias mengikuti kampanye kreatif yang digelar Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) ini.

Layaknya kirab obor Asian Games, kirab api cinta ini juga dikirab dengan cara lari estafet. Kirab menempuh perjalanan sepanjang hampir 4 kilometer.

Berangkat dari Waroeng Kroepoek, Jalan Radjiman, obor kemudian dinyalakan oleh Ketua Repnas Jawa Tengah Wijaya Dahlan dan diserahkan kepada Ketua Repnas Solo Raya, Jimmy Soegianto. Obor pertama lalu dibawa oleh perwakilan pengusaha muda.

Rombongan melintasi dua titik utama. Perjalanan ini merupakan bentuk napak tilas dengan melihat kembali hasil kerja Jokowi selama menjabat Wali Kota Surakarta.

Pertama mereka menuju ke Kampung Batik Kauman yang berada di kawasan Masjid Agung Surakarta. Jokowi disebut sebagai orang yang mampu menggeliatkan kembali salah satu kampung batik di Solo itu.

"Solo ini terkenal dengan batiknya. Salah satunya di Kauman ini. Pak Jokowi yang saat menjadi wali kota mampu menggeliatkan usaha batik tradisional di Kauman," kata Jimmy usai kirab obor, Selasa (19/2/2019).

Rombongan kemudian berlari melintasi Jalan Slamet Riyadi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ronggowarsito dan berhenti di kawasan Ngarsopuro. Lokasi finis ini pun disebut sebagai bentuk kesuksesan Jokowi.


"Di sini ada pasar barang antik Pasar Triwindu yang merupakan hasil penataan PKL Pak Jokowi. Pasar ini sekarang menjadi tujuan wisata di Solo," ujar dia.

Sementara itu, Wijaya Dahlan berharap masyarakat Jawa Tengah dapat bersimpati dan ikut memberikan suaranya untuk pasangan nomor urut 01. Menurutnya, Jokowi pantas memimpin satu kali lagi untuk fokus membangun sumber daya manusia.

"Bahkan kita harapkan spirit acara di Jawa Tengah ini bisa menyebar ke seluruh Indonesia. Karena Pak Jokowi ini sudah berhasil membangun infrastruktur dan selanjutnya akan membangun SDM," kata dia

Setelah Solo, Api Cinta untuk Jokowi-Ma'ruf akan singgah ke Boyolali, Salatiga, Ambarawa, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Tegal dan berakhir di Pekalongan pada 24 Februari 2019. Kirab akan ditutup dengan deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf.


Simak Juga 'Alumni Muda Mahasiswa Islam Dukung Jokowi-Ma'Ruf':

[Gambas:Video 20detik]




Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed