DetikNews
Rabu 13 Februari 2019, 18:24 WIB

5 Pelanggar Lalin Kena e-Tilang Hari Pertama di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
5 Pelanggar Lalin Kena e-Tilang Hari Pertama di Solo Ruang central CCTV di Satlantas Polresta Surakarta. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Mulai hari ini Polresta Surakarta mulai menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement atau tilang elektronik (e-tilang). Sebanyak 5 orang pelanggar dikenakan e-tilang pada hari pertama.

Kanit Regident Satlantas Polresta Surakarta, AKP Suryo Wibowo, mengatakan 5 pelanggaran dilakukan di tempat yang berbeda-beda. Ada dua jenis pelanggaran yang dilakukan mereka.

"Hari ini 5 orang tertangkap kamera melanggar lalu lintas. 4 di antaranya melanggar marka, satu lainnya tidak pakai helm," kata Suryo saat dihubungi detikcom, Rabu (13/2/2019).

Polisi langsung mengirimkan surat tilang dan bukti pelanggaran ke alamat pemilik kendaraan bermotor lewat pos. Polisi memberi waktu 4 hari kepada penerima surat untuk mengonfirmasi ke Satlantas.

"Jika kendaraan sudah dipindahtangankan atau dipinjam, kami akan kirim surat lagi ke alamat pelanggar berdasarkan keterangan pemilik sebelumnya," katanya.


Namun jika dalam empat hari tidak ada konfirmasi dari penerima surat, maka STNK kendaraan yang bersangkutan akan diblokir sementara waktu.

"Blokir baru akan dibuka jika sudah pajak dan ganti nama. Maka kami imbau agar langsung mengganti nama ketika membeli kendaraan," ujar dia.

Suryo juga mengimbau agar pengendara mematuhi peraturan ketika berada di jalan raya. Terlebih dengan adanya 66 CCTV di jalanan Kota Solo, polisi dapat melakukan e-tilang.

"Masyarakat sebenarnya tidak perlu mencari tahu di mana 66 CCTV itu. Yang penting kita harus patuh dan tertib di jalan," tutupnya.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed