DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 17:51 WIB

Perakitan Kotak Suara di Kudus Dihentikan Sementara

Akrom Hazami - detikNews
Perakitan Kotak Suara di Kudus Dihentikan Sementara Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus menghentikan sementara proses perakitan kotak suara. Sebab mereka sedang menunggu rencana penyortiran surat suara.

Dari 15 ribu lebih kotak suara, saat ini yang sudah dirakit sekitar 9 ribuan. Sebanyak 6 ribu kotak suara yang belum dirakit.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan pihaknya menghentikan proses perakitan kotak suara sejak beberapa hari lalu.

"Kami hentikan dulu proses perakitan kotak suara. Kami hentikan sejak Jumat (8/2/2019)," kata Naily saat ditemui di kantornya di Ganesha, Purwosari, Kudus, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, penghentian proses perakitan kotak suara dilakukan karena KPU Kudus sedang menunggu rencana penyortiran surat suara.

"Untuk perakitan kotak suara sementara waktu kami tunda terlebih dahulu. Karena masih menunggu planning sortir surat suara," imbuh dia.

Menurutnya saat ini surat suara baru datang hari ini. Perakitan kotak suara sedianya ditarget akan selesai 10 hari. Namun sampai saat ini belum semua kotak suara selesai dirakit.

"Yang sudah selesai perakitan sekitar 9 ribu. Yang belum dirakit ad sekitar 6 ribu kotak suara," ungkap Naily.

KPU merencanakan proses perakitan surat suara dua minggu lagi sembari menunggu rencana penyotiran surat suara. Sejauh ini, tidak ada kerusakan kotak suara yang dirakit.

"Paling-paling tidak ada kabel tisnya. Itu pun hanya ada dua kotak suara," ujarnya.

Pihaknya telah melaporkan ke KPU RI. Hasilnya, KPU RI meminta KPU Kudus untuk membeli sendiri kabel tis.

"Ya diminta beli sendiri. Toh kabel tis tidak sulit ditemukan," kata Naily.

Total sebanyak 15.344 kotak suara yang akan dirakit untuk Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. Dari 15.344 kotak suara, akan dibagikan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak lima kotak suara, kemudian Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 11 kotak suara, dan di KPU ada satu kotak suara. Jumlah TPS di Kabupaten Kudus sebanyak 3.049 TPS yang ada di 132 desa/kelurahan yang tersebar di 9 kecamatan.





Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed