DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 15:15 WIB

Kapolda: Lebih dari 27 Ribu Polisi di Jateng Tak Miliki Rumah

Arif Syaefudin - detikNews
Kapolda: Lebih dari 27 Ribu Polisi di Jateng Tak Miliki Rumah Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Dari total 39.724 anggota polisi yang tercatat bertugas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah, 27.519 personel di antaranya sampai saat ini tak mempunyai rumah hunian. Jika dikalkulasikan, ada 69,27 persen polisi di Jawa Tengah yang tak punya rumah.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono saat berkunjung di Kabupaten Rembang, Rabu (11/2/2019). Para polisi tak punya rumah itu saat ini kondisinya masih mengontrak, kos, atau masih ikut tinggal dengan orang tua.

Ia merinci, dari total keseluruhan anggota polisi di Jawa Tengah, hanya ada sebanyak 5.968 anggota yang memiliki rumah pribadi. Jumlah sisanya, saat ini tinggal di rumah dinas yang telah disediakan secara gratis oleh Polri.

"Anggota polisi di Polda Jawa Tengah ada 39.724. Rumah dinas yang disediakan oleh polri ini baru 13,6 persen. Jadi baru 5.421 rumah dinas. Sedangkan yang pnya rumah pribadi baru 5.968, sekitar 15 persen. Sisanya ini mereka yang tidak punya rumah, ada 27.519. Lha mereka ini tingfal dimana, ya ada yang menumpang orang tua atau mertua, kontrak, atau ad yang ngekos," jelas Condro.

Atas kondisi tersebut, ia mengakui Polda Jawa Tengah telah mendorong masing-masing anggotanya untuk bisa mengatur keuangan masing-masing agar dapat segera membeli rumah. Polri pun juga telah menyediakan ratusan unit rumah murah yang dibangun khusus untuk anggota Polri.

"Sejak saya di Polda Jawa Tengah kita dorong jajaran Kapolres untuk bermitra dengan para pengembang, untuk bisa menyediakan rumah-rumah. Walaupun tidak banyak tapi lumayan. Jadi ya selama 2 tahun ini ada 826 rumah dari beberapa Polres. Belum termasuk yang di Rembang ini. Ini bisa sekitar seribu rumah selama saya di sini," terangnya.

Kunjungan Kapolda ke Rembang dalam rangka meresmikam perumahan Bhayangkara Residence khusus anggota Polri yang berada di Desa Sendangagung Kecamatan Kaliori, Rembang. Serta perumahan Kartika Bhayangkara Praja Residence untuk anggota Polri, TNI, dan ASN yang berada di Desa Tireman Kecamatan Kota Rembang.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed