DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 14:55 WIB

Rakitan 1 Kotak Suara di Magelang Hanya Butuh Waktu 3 Menit

Eko Susanto - detikNews
Rakitan 1 Kotak Suara di Magelang Hanya Butuh Waktu 3 Menit Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - KPU Kabupaten Magelang memulaipPerakitan kotak suara Pemilu 2019. Perakitan kotak berlangsung cepat dan berjalan lancar. Untuk perakitan satu kotak suara rata-rata membutuhkan waktu 2 menit.

Pantauan detikcom, perakitan kotak suara pemilu 2019 di KPU Kabupaten Magelang baru mulai dilakukan hari ini. Perakitan dilangsungkan di gudang KPU Kabupaten Magelang di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan.

Untuk hari pertama, perakitan kotak suara dilakukan 9 orang yang semuanya laki-laki. Adapun perakitan dimulai pukul 08.00-12.00 WIB, kemudian dilanjutkan pukul 13.00-16.00 WIB. Adapun satu kotak suara, perakitan memakan waktu sekitar 3 menit.

"Kami di sini 9 orang, tadi perakitan dimulai pukul 08.00 WIB. Sampai pukul 10.30 WIB, sudah merakit 177," kata Abdul Rozak (24), warga Carikan, Deyangan di sela-sela merakit kotak suara di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Senin (11/2/2019).

Ia yang sebelumnya bekerja serabutan, sekarang bisa ikut dalam perakitan kotak suara. Hal senada disampaikan Husni Nur Rohim (17), warga Deyangan. Untuk perakitan kotak suara baru dimulai hari ini.

"Perakitan baru hari ini," tuturnya.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin mengatakan, total kotak suara ini sebanyak 21.688. Untuk perakitan baru dimulai hari ini dengan melibatkan 9 orang, nantinya dengan 9 orang ini bisa diketahui hasil akhirnya. Kendati demikian, ditargetkan dalam seminggu sudah selesai.

"Kita menargetkan seminggu perakitan kotak suara sudah selesai. Hari ini kita baru 9 orang, nanti baru bisa mengukur kebutuhan orangnya," katanya di sela-sela memantau perakitan kotak suara di Balai Desa Deyangan.

Setelah kotak suara terakit, kata dia, nantinya akan ditutup dengan plastik yupi untuk mengantisipasi kerusakan. Perhitungan KPU setiap satu kotak suara, perakitan membutuhkan waktu 3 menit. Hingga saat ini belum ditemukan kotak suara yang dirakit mengalami kerusakan hingga tak bisa dipakai.


Saksikan juga video 'Blak blakan Ketua KPU: Mengapa Kotak Suara Kardus?':

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed