4 Hari Tersesat di Hutan, Nenek 75 Tahun Ini Ditemukan Selamat

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 10 Feb 2019 14:02 WIB
Proses evakuasi Mbah Keben (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Kebumen - Mbah Keben (75) warga Kebumen, Jawa Tengah, yang hilang saat mencari rumput sejak Rabu (6/2) berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Karena ditemukan dalam kondisi lemah, korban langsung dilarikan ke rumah sakit.

Mbah Keben yang merupakan warga RT 01 RW 01, Dukuh Randakeli, Pohkumbang, Karanganyar, Kebumen, hilang saat mencari rumput di tepian sungai dekat hutan, sekitar 500 meter dari rumahnya. Korban diduga jatuh ke sungai atau tersesat di hutan.

Puluhan warga setempat bersama petugas kemudian melakukan pencarian korban dengan menyisir sungai dan hutan hingga akhirnya korban berhasil ditemukan di tengah hutan dalam keadaan selamat, Minggu (10/2/2019) siang.


Hari ini memang pencarian Explore SAR (ESAR) fokus ke darat, setelah dua hari sebelumnya pencarian fokus ke aliran Sungai Kemit tidak membuahkan hasil. Mbah Keben ditemukan di dalam hutan, sekitar 2 km dari titik terakhir dia mencari rumput.

Saat ditemukan Mbah Keben dalam posisi tiduran, kondisinya lemah karena beberapa hari tidak makan dan susah diajak komunikasi.

"Setelah upaya pencarian selama tiga hari korban berhasil ditemukan di area hutan Desa Pohkumbang ke arah barat dalam keadaan lemas, jarak dari TKP kurang lebih 2 km. Selanjutnya korban dibawa ke Rumah Sakit Palangbiru, Kecamatan Gombong," ungkap Koordinator Basarnas Pos Cilacap, Mulwahyono, Minggu (10/2/2019).

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas gabungan yang telah ikut membantu dalam operasi pencarian korban. Dengan ditemukannya korban, operasi pencarian dinyatakan ditutup.

"Dengan ditemukannya mbah Keben, operasi SAR dinyatakan selesai, tim SAR kembali ke satuannya masing- masing," pungkasnya. (mbr/mbr)