DetikNews
Minggu 10 Februari 2019, 12:10 WIB

Pemkab Sleman Benarkan Viral Video Air Tersedot ke Dasar Sungai

Ristu Hanafi - detikNews
Pemkab Sleman Benarkan Viral Video Air Tersedot ke Dasar Sungai Viral video aliran air tersedot ke dasar sungai (Foto: tangkapan layar dari video di medsos)
Sleman - Viral di media sosial dan whatsapp grup, video yang merekam peristiwa air sungai Kali Kuning di wilayah Selomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY, tersedot ke dasar sungai. Seperti ini faktanya.

Saat detikcom menonton video itu, terlihat air sungai mengalir ke dasar sungai, tidak mengalir mengikuti aliran sungai. Air itu seolah tersedot menuju sebuah lubang cukup besar yang tepat berada di tengah sungai.

detikcom menelusuri ke lokasi kejadian untuk memastikan peristiwa tersebut. Video itu ternyata memang betul direkam oleh warga di aliran Kali Kuning yang tepat berada di antara jembatan dan bendungan Sidorejo.

"Betul kejadiannya pada hari Jumat kemarin," kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman, Akhmad Subhan ditemui di lokasi, Minggu (10/2/2019).
Pemkab Sleman Benarkan Viral Video Air Tersedot ke Dasar SungaiLubang yang terdapat di dasar sungai (Foto: tangkapan layar dari video di medsos)


Menurut Subhan, peristiwa itu diduga dipicu faktor alam. Derasnya aliran air disertai material pasir dari wilayah hulu menggerus dasar sungai menjadi sebuah lubang yang tepat berada di sisi utara bendungan air. Lubang berukuran diameter sekitar 4x3 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter.

"Diduga faktor cuaca, hujan aliran air deras dan membawa pasir. Air itu menggerus dasar sungai karena bendungan tertutup, air mencari jalan sendiri untuk mengalir ke bawah," jelasnya.

Kondisi itu saat ini sudah ditangani DPUPKP. Pagi ini, terlihat dua unit backhoe di lokasi kejadian untuk melakukan normalisasi sungai. DPUPKP memastikan kondisi bendungan dan jembatan tidak terdampak akibat peristiwa itu.
Pemkab Sleman Benarkan Viral Video Air Tersedot ke Dasar SungaiUpaya normalisasi yang dilakukan Pemkab (Foto: tangkapan layar dari video di medsos)

"Kami akan tutup lubang, kami upayakan normalisasi secepatnya agar aliran air kembali normal. Kalau bendungan dan jembatannya aman," ujar Subhan.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed