DetikNews
Sabtu 09 Februari 2019, 13:05 WIB

Kader Komunitas Juang PDIP Ikuti Jambore di Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Kader Komunitas Juang PDIP Ikuti Jambore di Banyumas Foto: Arbi Anungrah/detikcom
Purwokerto - Lebih dari 3.000 pemuda mengikuti kegiatan Jambore kader Komunitas Juang PDI Perjuangan di GOR Satria, Purwokerto, Banyumas. Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto, membuka kegiatan Jambore Kader Komunitas Juang DPC PDIP seluruh Jawa Tengah.

"Pelaksanaan jambore ini sudah disiapkan setahun yang lalu, sudah diawali dengan pra Jambore tanggal 18 November 2018 di Alun-alun Bung Karno di Ungaran dengan peserta 2.200 orang," kata Bambang dalam sambutannya, Sabtu (9/2/2019).

Dia mengatakan rencananya kegiatan Jambore Komunitas Juang ini akan dilaksanakan bersamaan dengan ulang tahun PDIP tanggal 10 Januari 2019. Namun karena ada sesuatu hal, kegiatan ini baru dapat terlaksana kali ini.

"Tadinya rencana akan dilaksanakan bersamaan dengan ulang tahun PDI perjuangan tanggal 10 Januari, karena ada sesuatu hal yang tidak bisa bersamaan. Maka jambore komunitas juang baru dilaksanakan hari ini dengan peserta 3.333 seluruh Jawa Tengah sampai dengan angkatan VII terkecuali DPC Kabupaten Kudus," jelasnya.

Dengan adanya Jambore ini, diharapkan para kader Komunitas Juang nantinya dapat membangun kebersamaan, kedisiplinan juang yang telah dibangun bersama sejak lima tahun lalu.

"Nantinya kegiatan ini akan membangun kebersamaan, membangun kedisiplinan komunitas juang yang sudah dibangun bersama sama 5 tahun yang lalu sampai dengan hari ini," jelasnya.

Sementara menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyumas, Budhi Setiawan mengatakan jika Kabupaten Banyumas merupakan cikal bakal program Pembinaan Kader Komunitas Juang yang pertama kali diinisiasi pada bulan Mei 2013 yang melahirkan sejumlah mentor juang generasi pertama.

"Kabupaten Banyumas merupakan cikal bakal adanya kader Komunitas Juang pertama, melahirkan mentor juang," kata Budhi.

Pelantikan Kader Komunitas Juang Banyumas selanjutnya melebarkan sayap dan mengubah nama menjadi Komunitas Juang Jawa Tengah. Hal ini menjadikan pelantikan pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelantikan tidak hanya diikuti oleh Kabupaten Banyumas tetapi sudah merambah ke Kabupaten-Kabupaten lain di Jawa Tengah.

"Ini merupakan proses yang panjang dan perjuangan yang luar biasa. Semoga kader kader yang telah dididik dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan, hingga kita punya kader kader muda yang berkarakter, dan semoga kader kader muda ini akan mengganti kan kita pada saatnya nanti," ucapnya.

Rencananya kegiatan Jambore Komunitas Juang ini akan berlangsung hingga Minggu (10/2) besok. Puncak kegiatan ini sendiri akan dihadiri oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani yang akan memberikan amanat dan arahan kepada peserta Jambore.



(arb/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed