1.000 Warga Miskin di Jepara Dapat Sambungan Listrik Gratis

Wikha Setiawan - detikNews
Kamis, 07 Feb 2019 16:17 WIB
Ganjar Pranowo secara simbolis hidupkan tombol listrik. (Foto: Wikha Setiawan/detikcom)
Jepara - Sebanyak 1.000 warga kurang mampu di Kabupaten Jepara, Jateng, mendapat bantuan penyambungan listrik secara gratis. Bantuan itu merupakan program PT PLN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menambah rasio elektrifikasi di Jateng.

Program CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B itu diresmikan hari ini oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Kalau bisa kerja sama dengan baik pasti akan mampu mengentaskan kemiskinan. Bantuan pemerintah, BUMN dan perusahaan juga harus tepat sasaran," papar Ganjar, Kamis (7/2/2019).


Executive Vice President Regional Jawa Bagian Tengah PLN, Purnomo Jaya, menuturkan bahwa penyambungan ini dimulai sejak bulan November 2018 hingga kuartal I tahun 2019 dengan daya 900 VA. Dengan kegiatan ini Tanjung Jati B menjadi pembangkit pertama yang menginisiasi dan memberikan bantuan penyambungan listrik gratis di sekitar lokasinya.

Sasarannya adalah masyarakat tidak mampu di 20 Desa di Kabupaten Jepara. Hingga saat ini telah tersambung 528 rumah tangga miskin di 10 desa. Sedangkan 10 Desa lainnya akan segera menyusul.

"Harapan kami, program ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menambah rasio elektrifikasi khususnya di Jawa Tengah," paparnya. (mbr/mbr)