Sejak Akhir 2018, Ada 22 Teror Pembakaran Kendaraan di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 04 Feb 2019 15:55 WIB
Salah satu mobil warga yang dibakar orang misterius di Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Polda Jateng mencatat ada sekitar 22 kejadian teror pembakaran kendaraan di wilayahnya. Peristiwa ini terjadi sejak akhir Desember 2018 lalu hingga kemarin.

"Sekitar 22 (kejadian pembakaran mobil dan motor). Di Kendal, Semarang, Ungaran," ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja kepada wartawan di Mapolda Jateng, Senin (4/2/2019).

Untuk itu, Polda Jateng telah membentuk tim khusus untuk memburu para pelaku. Selain itu patroli di permukiman warga juga ditingkatkan.


Tim yang dibentuk terdiri dari anggota Polda Jateng dan Polres yang wilayahnya terdapat aksi pembakaran. Saat ini tim sedang bekerja keras termasuk mengumpulkan keterangan.

"Sampai saat ini tim masih bekerja, mohon dukungan untuk dapat kasus ini terungkap," lanjutnya.

Dia berharap masyarakat tetap tenang dan bersedia memberikan informasi kepada polisi.


Agus mengatakan bahwa tak bisa mengungkap motif di balik aksi-aksi ini sebelum menangkap para pelaku. Namun dari rangkaian kejadian di lapangan, polisi sementara menduga para pelaku ingin membuat resah masyarakat.

"Motif belum diketahui, dari rangkaian kejadian ini tujuannya meresahkan masyarakat, menimbulkan keresahan masyarakat," tutur Agus.

Catatan kasus pembakaran mobil di Kota Semarang antara lain, hari Jumat 4 Januari 2019 di Jalan Puspogiwang I, Selasa 8 Januari 2019 di Jalan Irigasi, Kamis 10 Januari 2019 di Jalan Gaharu Utara Banyumanik, dan terakhir pagi tadi di Jalan Ciliwung Mlatiharjo.

Ditambah dengan kasus pembakaran mobil Daihatsu Ayla bernopol K 9478 ED di Jalan Ciliwung, Mlatiharjo, Semarang Timur pada Kamis (31/1) dini hari.


Sedangkan pembakaran motor salah satunya di Perum Beringin Ngaliyan tanggal 28 Januari 2019. Kerusakan yang ditimbulkan akibat pembakaran itu bervariasi ada yang nyaris hangus terbakar habis, ada juga yang terbakar bagian depannya.

Selain itu, dari informasi yang diperoleh, peristiwa di Kendal terjadi pada 26 Desember 2018 di Botomulyo Cepiring, 30 Desember 2018 di Desa Karangtengah, 1 Januari 2019 di Langen Harjo, 2 Januari 2019 di Desa Botomulyo, 3 januari Desa Rowosari, dan pada tanggal 14 Januari 2019 ada 2 kejadian di Brangsong dan Sekopek. (alg/skm)