detikNews
Minggu 03 Februari 2019, 18:20 WIB

Luhut: Tak Salah Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Bioskop

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Luhut: Tak Salah Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Bioskop Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Karanganyar - Imbauan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang lagu Indonesia Raya di bioskop mendapatkan pro dan kontra. Meski kemudian imbauan itu telah dicabut. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bingung imbauan itu diributkan.

"Yang salah apa sih, masa enggak boleh Indonesia Raya? Jadi dibikin ribut," kata Luhut usai menghadiri deklarasi relawan Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi di de Tjolomadoe, Karanganyar, Minggu (3/2/2019).

Kebijakan serupa pernah dibuat Luhut waktu menjabat Menko Polhukam. Tujuannya ialah untuk menumbuhkan nasionalisme kepada masyarakat.

"Waktu saya Menko Polhukam dulu saya minta kepada para pemilik TV untuk mengumandangkan Indonesia Raya sebelum acara dimulai," ujarnya.

Dia mencontohkan beberapa nagara lain menerapkan aturan menyanyikan lagu kebangsaan di bioskop-bioskop. Negara-negara tersebut, antara lain Mesir dan Amerika Serikat.

"Saya aneh karena di Mesir diwajibkan juga di bioskop nya, di Amerika, di banyak negara-negara lain di dunia melakukan hal yang sama," kata Luhut.

Belakangan Kemenpora mengkaji ulang imbauan tersebut. Menurut Luhut, kebijakan itu tak perlu dicabut, sebab tidak ada yang salah dengan menyanyikan Indonesia Raya di bioskop.

"Saya sampaikan tidak ada yang salah kalau menurut saya pribadi. Masa salah nyanyi lagu kebangsaan? Atau kamu enggak suka lagu kebangsaan kali," tutupnya.

(bai/bgs)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com