Penjelasan BMKG Soal Hujan Es Landa Wilayah Sleman

Ristu Hanafi - detikNews
Selasa, 29 Jan 2019 18:17 WIB
Foto: Istimewa/detikcom
Sleman - Hujan es melanda wilayah Margoagung, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman sore tadi. Begini penjelasan dari BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta.

"Hujan es yang terjadi di Seyegan disebabkan karena ada konvergensi/pertemuan masa udara yang kuat pada wilayah tersebut," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Indah Retno Wulan dalam keterangannya, Selasa (29/1/2019).

"Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya terbentuknya awan-awan konvektif yang tumbuh vertikal dan didukung dengan adanya turbulensi (gerakan udara tidak beraturan atau berputar tidak beraturan akibat perbedaan tekanan atau temperatur), sehingga terjadi hujan es/hails," lanjutnya.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tanggal 29 Januari 2019 update pukul 15.45 WIB.

Bunyi peringatan dini dari BMKG : Masih terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 16.15 WIB di wilayah Sleman (Mlati, Seyegan, Minggir, Moyudan, Godean) dan dapat meluas ke wilayah Sleman (Berbah, Depok, Gamping, Ngaglik, Turi, Ngemplak, Sleman), Bantul (Kasihan, Sedayu, Sewon, Panjangan), Kulon Progo (Kalibawang, Samigaluh, Nanggulan, Girimulyo), dan wilayah Kota.

"Kondisi ini diprakirakan akan berlangsung hingga pukul18.30 WIB," jelas keterangan dari BMKG.
(bgs/bgs)