DetikNews
Senin 21 Januari 2019, 15:15 WIB

Atap Eks Hotel Toegoe Yogya Milik Probosutedjo Ambrol

Usman Hadi - detikNews
Atap Eks Hotel Toegoe Yogya Milik Probosutedjo Ambrol Eks Hotel Toegoe Yogyakarta (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Sebagian atap eks Hotel Toegoe di Jalan Margo Utomo Yogyakarta roboh. Kondisi bangunan cagar budaya milik almarhum Probosutedjo yang berada di timur Stasiun Tugu Yogyakarta ini memang dalam kondisi memprihatinkan.

Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Ari Susanti menjelaskan Cagar Budaya Hotel Toegoe adalah milik almarhum Probosutedjo, adik kandung Presiden RI kedua Soeharto. Bangunannya terkesan tak terawat.

"Iya (Hotel Toegoe adalah cagar budaya). Sudah Senin (14/1) yang lalu kami menerjunkan juru pelihara kita. Untuk atap yang roboh kita enggak tahu kapan persisnya terjadi," ujar Ari saat dihubungi detikcom, Senin (21/1/2019).
Atap Eks Hotel Toegoe Yogya Milik Probosutedjo AmbrolAtap Eks Hotel Toegoe Yogyakarta yang ambrol. (Foto: Usman Hadi/detikcom)

Dijelaskannya, bangunan eks Hotel Toegoe memang tak terawat. Atapnya banyak yang bocor dan beberapa kayu penyangga lapuk. Hingga akhirnya sebagian atapnya roboh diduga karena diterpa hujan dan angin kencang.

"Memang kondisinya (eks Hotel Toegoe) sangat kotor. Itu kan sudah ada surat dari Dinas Kebudayaan kepada pemilik untuk kejelasan mau dikelola seperti apa. Jadi kemarin berkoordinasi dengan kami untuk dibersihkan," paparnya.


Ari belum mengetahui akan dimanfaatkan untuk apa bangunan eks Hotel Toegoe tersebut. Namun dia mendengar keluarga almarhum Probosutedjo ingin membangun sebuah museum di sana.

"Dari pembicaraan dengan kita itu mau untuk museum atau gimana gitu. Tapi yang pasti tanya langsung ke pemilik. Yang jelas instansi kita mendorong supaya bangunan-bangunan itu dirawat dengan baik, dilestarikan," tuturnya.
Atap Eks Hotel Toegoe Yogya Milik Probosutedjo AmbrolEks Hotel Toegoe Yogyakarta (Foto: Usman Hadi/detikcom)

E
ks Hotel Toegoe memang berada di jantung Kota Yogyakarta, dekat Jalan Malioboro. Pantauan di lokasi, cagar budaya ini dikelilingi pagar dengan pintu masuk terkunci. Petugas BPCB melarang detikcom mengambil foto.

"Nggak boleh ngambil foto, soalnya sekarang masa pembersihan," ujar salah satu juru pelihara BPCB kepada detikcom. Dia juga enggan memberikan keterangan terkait robohnya atas eks Hotel Toegoe.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed