detikNews
Kamis 17 Januari 2019, 12:20 WIB

Kebumen Sisi Selatan Masih Banjir, Evakuasi Warga Terus Berlangsung

Rinto Heksantoro - detikNews
Kebumen Sisi Selatan Masih Banjir, Evakuasi Warga Terus Berlangsung Evakuasi warga terdampak banjir di Kecamatan Adimulyo, Kebumen, Kamis (17/1/2019). Foto: Dok BPBD Kebumen
Kebumen - Meski banjir di sebagian wilayah Kebumen, sudah mulai surut, tapi sebagian lain air masih menggenangi permukiman. Petugas pun masih terus melakukan evakuasi warga dengan menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman.

Hasil pengamatan detikcom di lapangan, Kamis (17/1/2019) sekitar 30 warga telah berhasil dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Petugas gabungan yang terjun ke lokasi banjir hingga saat ini masih terus melakukan evakuasi warga lain dengan menggunakan perahu karet. Salah satu daerah yang masih tergenang banjir adalah di Desa Sugih Waras, Kecamatan Adimulyo.

"Di desa ini sekitar 180 jiwa yang terdampak dan evakuasi alhamdulillah lancar. Warga di bawa ke rumah saudara yang sekiranya aman dan tidak terdampak banjir," kata Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap, Moel Wahyono saat dihubungi detikcom, Kamis (17/1/2019).

Di Kecamatan Adimulyo sendiri ada beberapa titik genangan diantaranya di Desa Tegalsari, Madurejo, Adiluhur, Caruban, Arjosari, Meles, Mangunharjo, Kemujan, Sugihwaras, dan Tepakyang. Ketinggian air rata-rata masih 50 hingga 80 cm.


Sementara itu, Kepala BPBD Kebumen Eko Widiyanto menuturkan bahwa meski ada daerah yang masih tergenang, namun di sebagian besar wilayah lain banjir sudah mulai surut hari ini. Warga yang sebelumnya mengungsi sebagian juga sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Yang sudah surut wilayah utara dan timur, sebagian pengungsi juga sudah kembali, tapi sekarang desa-desa selatan yang airnya mulai naik. Biasanya surutnya secara bertahap pelan-pelan. Ketinggian air variatif untuk wilayah selatan masih ada yang sekitar 50 sampai 80 cm di pekarangan," jelas Eko ketika dihubungi detikcom.


Warga pun diimbau untuk tetap berhati-hati dan waspada karena hujan deras diperkirakan masih akan mengguyur kembali. Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, warga diminta untuk segera melapor ke petugas.

"Kami imbau warga tetap berhati-hati dan waspada karena cuaca masih bisa turun hujan deras karena masuk puncak musim penghujan Januari Februari ini," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com