Pengemis Legiman di Pati Mengaku Miliarder, Kades: Nihil

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 15:39 WIB
Legiman saat ditangkap (Foto: Dok Satpol PP Pati)
Legiman saat ditangkap (Foto: Dok Satpol PP Pati)
Pati - Legiman, seorang pengemis yang tinggal di Desa Sokokulon Kecamatan Margorejo, Pati mengaku memiliki aset berupa rumah dan tanah senilai Rp 525 juta di Desa Ngawen Kecamatan Margorejo, Pati. Namun, kepala desa setempat menepis pernyataan tersebut.

Kepala Desa Ngawen, Sunarto, mengakui selama 3 tahun ia menjabat tidak ada transaksi jual beli tanah ataupun rumah yang terjadi di wilayah Desanya. Termasuk di era kepemimpinan kepala desa sebelumnya.

"Kami bisa memastikan bahwa tidak ada transaksi jual beli tanah ataupun rumah di sini setidaknya selama 3 tahun saya menjabat. Barusan juga saya konfirmasi kepada kepala desa sebelumnya, juga menyatakan tidak ada," terang Sunarto saat ditemui di Balai Desa Ngawen, Rabu (16/1/19).


Ia juga bermaksud mengklarifikasi pengakuan Legiman kepada pihak Satpol PP. Hal tersebut menurutnya cukup membuat geram warga setempat.

"Warga dan Karang Taruna semalam malah sempat mau nemui si Legiman ini, kok bisa ngaku-ngaku warga sini. Kan juga pencemaran nama baik desa itu sehingga perlu kita tegaskan, tidak ada aset ataupun apapun itu yang milik Legiman, karena memang tidak ada transaksi selama ini," jelasnya.

Sebelumnya, seorang pengemis bernama Legiman ditangkap oleh Satpol PP Pati pada hari Sabtu malam lalu, di sekitar Alun-alun kota Pati. Dari tangan Legiman, petugas mendapati uang hasil mengemis Legiman senilai Rp 695 ribu.


Selain itu, Legiman mengaku memiliki uang yang disimpan di dalam tabungan senilai Rp 900 juta, dan aset kekayaan berupa tanah senilai Rp 275 juta dan rumah seharga Rp 250 juta yang berada di Desa Ngawen Kecamatan Margorejo, Pati.



Saksikan juga video 'Modal Melas, Pengemis di Pati Punya Kekayaan Rp 1 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]



Pengemis Legiman di Pati Mengaku Miliarder, Kades: Nihil


(mbr/mbr)