ADVERTISEMENT

Banjir dan Longsor di Kebumen Semakin Meluas

Rinto Heksantoro - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 13:35 WIB
Banjir di Kebumen semakin meluas (Foto: Dok. BPBD Kebumen)
Kebumen - Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Kebumen, Jateng, sejak tadi malam hingga siang ini menyebabkan banjir dan longsor semakin meluas. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun belasan desa terendam banjir dan belasan pohon juga ikut tumbang.

Di Kecamatan Adimulyo, desa yang tergenang adalah Desa Meles, Karangkemiri dan Plarangan. Desa lain yang ikut terendam adalah Desa Bumirejo (Kecamatan Kebumen), Desa Wanareja (Kecamatan Karanganyar), Desa Karangmalang (Kecamatan Buayan), Desa Sidoagung (Kecamatan Sruweng), Desa Aditirto (Kecamatan Pejagoan).

"Sampai saat ini jumlahnya masih terus berkembang, selain desa tadi ada desa lain yang juga terkena banjir seperti Desa Rangkah Kecamatan Buayan, terus di Kecamatan Ayah ada Desa Ayah, Desa Pasir, dan Desa Demangsari. Kemudiian di Kecamatan Sruweng ada Desa Karang Pule, dan dii Kecamatan Kebumen ada Desa Jatisari," kata Humas BPBD Kebumen, Heri Purwoto, Rabu (16/1/2019).
Banjir dan Longsor di Kebumen Semakin MeluasPohon tumbang menimpa rumah warga (Foto: Dok. BPBD Kebumen)

Banjir dengan ketinggian 30 hingga 50 cm itu disebabkan karena adanya beberapa sungai yang meluap dan tanggul jebol. Belasan pohon pun ikut tumbang dan menimpa rumah warga serta menutup jalan.

"Tanggul jebol ada di Desa Jogomulyo Kecamatan Buayan, di Desa Caruban Kecamatan Adimulyo, dan di Desa Arjosari Kecamatan Adimulyo. Sungai yang meluap antara lain Sungai Karanganyar, Kedungbener, Dilem, Demangsari, dan Adiraja," lanjutnya.


Banjir dan Longsor di Kebumen Semakin MeluasLongsor menutupi badan jalan. (Foto: Dok. BPBD Kebumen)
Genangan air di beberapa ruas jalan juga menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Tak hanya banjir dan pohon tumbang, longsor juga terjadi di beberapa titik bahkan menimpa rumah warga.

"Laporan longsor juga bertambah, ada sekitar 12 titik longsor. Rumah warga yang terkena longsor ada sekitar 10 dan beberapa lainnya terancam. Longsor juga menutup beberapa akses jalan dan membutuhkan alat berat untuk membersihkan material. Belasan pohon juga tumbang ada yang mengenai rumah warga serta menutup jalan, saat ini masih dalam penanganan petugas," imbuh Heri.
Banjir dan Longsor di Kebumen Semakin MeluasPohon tumbang menutup jalan (Foto: Dok. BPBD Kebumen)

Hingga saat ini hujan masih belum berhenti. Data tersebut di atas dimungkinkan juga masih bisa berubah tergantung perkembangan di lapangan. Warga pun diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati serta berkoordinasi dengan pihak berwenang jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan agar segera bisa diatasi. (mbr/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT