8 Desa di Kebumen Terendam Banjir

Rinto Heksantoro - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 10:03 WIB
Banjir di Kebumen. Foto: Dok BPBD Kebumen
Kebumen - Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah sejak tadi malam hingga pagi ini menyebabkan banjir dan longsor. Tercatat delapan desa terendam banjir serta beberapa pohon ikut tumbang.

Di Kecamatan Adimulyo beberapa desa yang terendam air antara lain Desa Meles, Karangkemiri dan Plarangan. Desa lain yang ikut terendam adalah Desa Bumirejo Kecamatan Kebumen, Desa Wanareja Kecamatan Karanganyar, Desa Karangmalang Kecamatan Buayan, Desa Sidoagung Kecamatan Sruweng, serta Desa Aditirto di Kecamatan Pejagoan.

Banjir dengan ketinggian 30 hingga 50 cm itu disebabkan karena adanya sungai yang meluap dan tanggul jebol. Beberapa pohon pun ikut tumbang dan menimpa rumah serta menutup jalan.

"Tanggul jebol mengakibatkan banjir terdapat di Desa Wanareja Kec Karanganyar dengan panjang 2 meter dan lebar 3 meter. Selain itu juga ada tanggul jebol di Desa Caruban, Kecamatan Adimulyo dan sungai Karanganyar yang meluap. Untuk pohon yang tumbang ada yang menimpa beberapa rumah warga dan juga ada yang menutup jalan desa," kata Humas BPBD Kebumen, Heri Purwoto ketika dihubungi detikcom, Rabu (16/1/2019) pagi.


Genangan air di beberapa ruas jalan juga menyebabkan arus lalu-lintas tersendat. Tak hanya banjir dan pohon tumbang, longsor juga menimpa rumah warga.

"Longsor juga mengenai rumah Bapak Lasirin RT 08/ RW 02, Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor," lanjutnya.


Hingga saat ini hujan masih belum berhenti. Warga pun diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati serta berkoordinasi dengan pihak berwenang jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan agar segera bisa diatasi.

"Alhamdulillah tidak ada laporan korban jiwa. Data yang masuk kemungkinan masih akan berubah karena bisa saja daerah lain ada yang kebanjiran namun belum melapor ke kami, namun semoga saja semuanya aman. Kami imbau agar warga tetap waspada dan segera melapor ke petugas jika terjadi sesuatu," pungkasnya. (sip/sip)