DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 11:37 WIB

Besok CFD Solo Diliburkan, Pemkot: Tak Terkait Tablig Akbar

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Besok CFD Solo Diliburkan, Pemkot: Tak Terkait Tablig Akbar Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta tidak memberlakukan hari bebas kendaraan (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Minggu, 13 Januari 2019 besok. Jalan protokol Kota Solo itu akan digunakan untuk kegiatan pemangkasan pohon.

Seperti diketahui, kelompok Persaudaraan Alumni 212 Solo Raya akan menggelar tablig akbar pada Minggu pagi di kawasan Gladag, ujung timur Jalan Slamet Riyadi. Pemkot menyebut liburnya CFD tak terkait tablig akbar.

"Memang sudah lama kita agendakan perapian pohon, karena sudah musim penghujan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Hari Prihatno, saat dihubungi detikcom, Sabtu (12/1/2019).

Menurutnya, pohon-pohon di Jalan Slamet Riyadi sudah terlalu rindang. Sebab selain rawan tumbang terkena angin, ranting-ranting pohon seringkali mengganggu bus kota.

"Terutama bus Batik Solo Trans dan Bus Werkudara. Banyak komplain masuk terkait pohon itu," katanya.

Pemangkasan pohon akan dilakukan mulai dari Jalan Slamet Riyadi sisi barat menuju ke ujung timur. Acara yang rencananya dimulai pukul 06.00 WIB itu diharapkan dapat selesai pada hari itu juga.

"Kita siagakan setidaknya 50 orang. Nanti kalau memungkinkan akan kita perlebar ke jalan-jalan besar lainnya," kata Hari.

Pihaknya sengaja memilih hari Minggu karena alasan bukan jam sibuk. Menurutnya, lalu lintas di hari Minggu tidak begitu padat, sehingga tidak perlu ada rekayasa lalu lintas yang signifikan.


(bai/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed