DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 16:31 WIB

Pascakeributan, Rutan Solo Perketat Pengamanan di Ruang Pembesuk

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Pascakeributan, Rutan Solo Perketat Pengamanan di Ruang Pembesuk Rutan Klas 1 Surakarta (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Pascakeributan antara pengunjung dengan warga binaan, pihak Rutan Klas I Surakarta tidak akan mengubah aturan kunjungan. Namun demikian Rutan akan menambah kekuatan pengamanan di ruang pembesuk.

Kepala Rutan Kelas I Surakarta, M Ulin Nuha, mengatakan pembatasan jumlah pengunjung tetap lima orang untuk tiap satu warga binaan.

"Aturan masih sama, batasannya lima orang per satu warga binaan," kata Ulin saat dihubungi detikcom, Jumat (11/1/2019).


Sedangkan jumlah pengunjung secara keseluruhan, Ulin menyebut tak ada pembatasan. Menurutnya, ruang aula mampu menampung seluruh pengunjung.

"Hanya dibatasi waktu saja, maksimal 30 menit. Ruangannya kan cukup besar itu," ujarnya.

Namun untuk mengantisipasi terjadinya cekcok antara pengunjung dengan warga binaan, Ulin bakal menambah personel di saat jam besuk.

"Akan kita tambahkan personel pengamanan di bagian besuk. Kita harapkan tidak ada keributan lagi," katanya.

Disinggung mengenai keributan kemarin, Ulin mengaku telah menerapkan standar operational procedure (SOP). Selain pembatasan pengunjung, pihaknya juga telah melakukan pengecekan barang bawaan melalui sinar x.

"Selama ini selalu kita terapkan sesuai SOP. Mulai dari pengecekan barang melalui x-ray, batas pengunjung, waktu besuk, sudah sesuai SOP," pungkasnya.


Diberitakan sebelumnya, Ulin menyebut cekcok berawal dari kontak mata antara pembesuk dengan warga binaan. Suasana memanas ketika pembesuk melakukan kontak fisik dengan salah satu warga binaan.

"Kemudian salah satu warga binaan ditarik bajunya, jatuh. Akhirnya penghuni lain spontanitas langsung membela," katanya.



Tonton juga video 'Geger Aksi Ribut-ribut Napi Vs Pengunjung Rutan Solo':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed