detikNews
Sabtu 05 Januari 2019, 13:07 WIB

Hadiri Resepsi, Pakdhe Karwo Apresiasi Dhaup Ageng Pakualaman

Ristu Hanafi - detikNews
Hadiri Resepsi, Pakdhe Karwo Apresiasi Dhaup Ageng Pakualaman Soekarwo (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Yogyakarta - Gubernur Jatim, Soekarwo, menghadiri acara resepsi dhaup ageng calon putra mahkota Puro Pakualaman, BPH Kusumo Bimantoro dengan Maya Lakshita Noorya di Puro Pakualaman.

Pakde Karwo mengaku diundang ke resepsi dhaup ageng karena memang sudah kenal dekat dengan KGPAA Paku Alam X yang juga menjabat Wagub DIY.

"Saya kenal beliau sudah lama dengan Pak Wagub. (Dhaup Ageng) ini soal kebudayaan Jawa," ujarnya kepada wartawan di lokasi dhaup ageng, Sabtu (5/1/2019).


Pakde Karwo, demikian dia akrab disapa, menilai dhaup ageng sebagai prosesi budaya selain juga prosesi sakral pernikahan kedua mempelai.

"Selamat menempuh hidup baru, menjadi keluarga sakinah mawadah warahman," ujarnya.

Selain itu, di antara ratusan tamu undangan yang hadir, nampak kerabat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari bersama suaminya. "Sejak kemarin di sini (Yogya). Baru pertama kali ini saya menghadiri pernikahan di Puro Pakualaman," ujarnya.


Dia berbaur dengan tamu undangan lain dari kerabat Keraton Kasultanan Yogyakarta, serta kerabat Keraton Nusantara dari Gowa, Sekala Brak Lampung Barat, Denpasar Bali, dan pejabat pemerintahan serta tamu VIP lainnya.



Saksikan juga video 'Detik-detik Calon Putra Mahkota Pakualaman Resmi Menikah':

[Gambas:Video 20detik]


Hadiri Resepsi, Pakdhe Karwo Apresiasi Dhaup Ageng Pakualaman




(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com