Ada Perusakan Nisan di Magelang, Gubernur Ganjar: Laporkan Polisi

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 03 Jan 2019 18:28 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kota Magelang - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta masyarakat agar jangan terpancing dengan kejadian perusakan nisan makam di Kota Magelang. Dia juga meminta kasus itu dilaporkan polisi agar segera ditangani.

"Laporkan polisi saja. Saya kira masyarakat jangan ada yang terpancing ya, biar polisi nyelidiki apa yang terjadi," kata Ganjar kepada wartawan di Salatiga, Kamis (3/1/2019).

"Selalu saja ada orang-orang tidak bertanggung jawab dan itu nggak benerlah, nggak menghormati," lanjutnya.


Sebagaimana diketahui, belasa nisan makam di tiga lokasi pemakaman umum di Kota Magelang dirusak orang tidak dikenal. Kasus perusakan nisan ini kini masih dalam penyelidikan Polres Magelang Kota.

Sementara itu, Pemkot Magelang berencana segera memperbaiki semua nisan yang dirusak tersebut. Penjabat (Pj) Sekda Kota Magelang, Sumartono, mengatakan makam yang bisa langsung diperbaiki akan segera digarap. Namun ada yang harus dipesankan terlebih dahulu.

Makam-makam yang menjadi sasaran perusakan, kata dia, merupakan makam lama dan tidak memungkinkan untuk dipindah. Untuk itu, langkah yang diambil Pemkot dengan memperbaiki.


"Intinya Pemkot Magelang memperbaiki makam yang dirusak. Insyaallah, semua yang dirusak diperbaiki," kata Sumartono saat dihubungi detikcom.

Selain itu Pemkot Magelang juga akan menambah lampu penerangan di areal pemakaman. "Kita akan tambah lampu tenaga surya," katanya. (mbr/mbr)