DetikNews
Kamis 03 Januari 2019, 13:59 WIB

Lampu Merah-Hijau Nyala Bareng, Arus Lalin di Kudus Jadi Kacau

Akrom Hazami - detikNews
Lampu Merah-Hijau Nyala Bareng, Arus Lalin di Kudus Jadi Kacau Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Pengguna jalan pantura Kudus-Pati, wajib waspada melintasi pertigaan Bulung, di Desa/Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sebab satu di antara lampu lalu lintas menyala merah dan hijau bersamaan. Apa penyebabnya?

Hal itu terjadi di lampu lalu lintas sisi selatan atau dari arah Sukolilo Pati. Lampu lalu lintas menyala hijau dan merah bersamaan. Lampu itu menyala bersamaan sejak Kamis (3/1/2019) dini hari hingga siang.

Pantauan di lokasi, sejumlah kendaraan nekat tancap gas. Padahal kendaraan dari arah Surabaya ke Jakarta dan sebaliknya sedang melaju karena merupakan jalur utama Pantura. Tentu saja, hal ini membuat arus kendaraan jadi kacau.

Lampu lalu lintas yang menyala bersamaan itu seharusnya menyala merah. Sedangkan lampu lalu lintas dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya menyala hijau. Karena terjadi kerusakan pada lampu merah sisi selatan, kendaraan melintas semrawut.

Bahkan, tampak sebuah truk dari selatan hendak belok ke arah Surabaya, menyelonong cepat. Untungnya, kendaraan di jalur pantura sigap mengerem.

"Lho kok ngebut ngono (lho kok mengebut gitu). Hati-hati, pak," seru seorang warga di lokasi yang sedang memasang tiang spanduk.

Jamasri, pengguna jalan asal Dusun Pecinan, Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, mengaku baru tahu lampu lalu lintas menyala rusak.

"Bahaya ini. Kalau tidam segerea diperbaiki, bisa bahaya," kata Jamasri di lokasi.

Solikin, pemotor di lokasi berniat jalan. Tapi karena dari jalur pantura, kendaraan banyak yang melintas, Solikin mengurungkan niat. "Saya pilih berhenti meski lampu menyala merah dan hijau bersamaan," kata warga Jekulo ini.

Hingga Kamis siang pukul 13.50 WIB, lampu merah dan hijau menyala bersama belum juga ditangani. Lampu menyala bersama masih terpantau menyala.

Kepala Dinas Perhubungan Kudus, Abdul Halil dikonfirmasi hal itu mengaku pihaknya akmelakukan penanganan lampu lalu lintas di pertigaan Bulung Kudus. Ia mengatakan saat ini timnya tengah melakukan perbaikan lampu lalintas yang rusak tersebut.

"Tim sedang ke lokasi," kata Halil.

Halil mengatakan, penyebab lampu lalu lintas yang menyala bersama karena jaringannya bermasalah. Seperti korslet akibat hujan yang turun sejak semalam.

"Jaringannya rusak karena korslet. Hujan yang turun sejak semalam. Sudah diperbaiki. Sudah normal kembali lampu lalu lintasnya," kilah Hali
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed