detikNews
Rabu 02 Januari 2019, 09:38 WIB

Saat Sandal Jepit Jadi Mahar Pernikahan di Kebumen

Rinto Heksantoro, Sukma Indah Permana - detikNews
Saat Sandal Jepit Jadi Mahar Pernikahan di Kebumen Sandal jepit menjadi mahar pernikahan di Kebumen. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen - Sepasang pengantin menikah dengan maskawin atau mahar berupa sandal jepit di Kebumen. Bagaimana kisahnya?

Kisah pernikahan bermahar sandal jepit awalnya ramai dibicarakan di media sosial. Foto dan video ijab kabul tersebar di dunia maya.

Di beberapa akun media sosial yang mengunggah foto dan video pernikahan itu, ada banyak netizen yang mendoakan pengantin ini menjadi pasangan yang berbahagia. Pasangan tersebut bernama Budi Risdianto (25) warga Desa Roworejo, RT 02/ RW 01, Kecamatan Kebumen dan Julia Warasita (25) warga Desa Sumberadi, RT 01/ RW 02, Kecamatan Kebumen. Mereka menikah pada Sabtu (29/12).

Saat ditemui di rumahnya, sang pengantin baru, Julia membenarkan bahwa foto dan video yang beredar itu adalah dia dan suaminya.


"Kami nggak cari sensasi agar tenar, semua karena saling iklas aja," ujar Julia saat ditemudi detikcom Senin (31/12/2018).

"Dan saya nggak mau memberatkan pihak lelaki dalam memberi mahar," imbuhnya.

Julia mengaku senang dengan kesederhanaan. Sandal jepit dinilai menjadi simbol kesederhanaan yang kemudian dia pilih.

"Ya hanya karena sederhana aja, kami juga suka pakai sandal jepit," imbuhnya.


Suami Julia, Budi Risdianto menambahkan dirinya melamar Julia pada 30 April 2018 lalu. Setelah sepakat, akhirnya mereka melangsungkan pernikahan pada Sabtu kemarin.

"Harga sandalnya cuma Rp 9 ribu dan saya beli di warung tetangga, terus dirangkai sendiri di pigura seharga Rp 150 ribu. Alhamdulillah semuanya lancar," ucap Budi.

Julia bercerita, sebelum menikah mereka sudah berkonsultasi dulu dengan beberapa pihak salah satunya penghulu tentang mahar sandal jepit.


"Ya kami konsultasi dulu, boleh nggak kalau maharnya itu sandal jepit. Kan nggak harus seperangkat alat salat atau uang," kata Julia.

Dia juga mengaku sudah siap jika ternyata tak boleh menggunakan sandal jepit untuk mahar.

"Kalau nggak boleh pakai sandal jepit ya ganti yang lain. Tapi alhamdulillah boleh ya akhirnya pakai sandal jepit maharnya," lanjut Julia.




Simak juga video 'Unik! Sandal Jepit Jadi Mahar Pernikahan Warga Kebumen':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com